Selasa, 7 April 2020
Kesehatan

GERAKAN EDUKASI MAKAN IKAN CEGAH STUNTING

AMUNTAI – PAUD IT Ihsanul Amal Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyelenggarakan Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting, Kamis (21/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memperingati Hari Ikan Nasional pada tanggal 21 November 2019.

Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD IT Ihsanul Amal dihadiri Bunda PAUD HSU, Ketua Himpaudi HSU, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan, Dispersip, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala DPPPA, serta orang tua murid PAUD IT Ihsanul Amal.

Kegiatan tersebut diisi dengan membacakan buku cerita bertema ikan, yang dibacakan oleh Bunda PAUD HSU untuk peserta didik PAUD IT Ihsanul Amal. Setelah itu anak-anak diajak untuk makan bersama dengan menu ikan dan sayur.

Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah mengatakan, berbagai kandungan nutrisi ikan sangat baik untuk tumbuh kembang anak, kesehatan fisik, dan kecerdasan otak. Anisah mengingatkan anak-anak PAUD supaya tidak menghindari makan ikan dan jangan malas makan ikan, sebaliknya agar suka makan ikan.

“Kepada orang tua supaya tidak bosan-bosannya menyuguhkan ikan kepada anak,” pesan Anisah.

Anisah pun mengemukakan harapannya dengan gerakan edukasi makan ikan kepada anak-anak PAUD, agar anak-anak PAUD yang ada di HSU menjadi anak-anak yang bertumbuh dengan baik, menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas, dan agar jangan ada yang stunting (pertumbuhan kerdil) di Kabupaten HSU.

“Anak-anak usia 0-5 tahun ini, biasa disebut masa keemasan (golden age), di mana pembentukan sistem syaraf mereka secara mendasar sudah terjadi. Jadi orang tua harus membiasakan buah hatinya mengonsumsi ikan. Jangan dibiasakan makanan siap saji yah ibu-ibu. Walau ada yang bilang alergi makan ikan, coba dikaji dulu. Jenis ikan kan banyak, jangan karena alergi sehingga kita malah takut makan ikan,” tambahnya. (Diskominfo/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!