seniUmum

GULA BATU, PRODUK KHAS AMUNTAI YANG MULAI LANGKA

Amuntai – Jika anda berkunjung ke Amuntai Hulu Sungai Utara (HSU), jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan khas unik yang terkenal dan hanya dibuat di Kota Amuntai.  Makanan khas ini sejenis permen yang terbuat dari gula pasir asli. Orang-orang di daerah ini biasa menyebutnya gula batu. Uniknya, gula batu khas Kota Amuntai ini memiliki beraneka ragam bentuk, seperti bebek, bunga, kapal layar, dan lain-lain.  Gula batu unik ini dibuat secara manual, tanpa menggunakan mesin atau cetakan.

Produsen gula batu khas Amuntai tersebut kini sudah sangat jarang ditemukan. Padahal jenis makanan khas ini masih memiliki peminat yang cukup tinggi.

Setelah ditelusuri, gula batu unik yang termasuk kerajinan tangan ini ternyata hanya dibuat oleh beberapa keluarga yang masih ada hubungan kerabat.  Resep pembuatannya diwariskan secara turun-temurun.

Salah seorang produsen gula batu unik khas Amuntai, Ibu Masrufah, saat ditemui di kediamannya di Desa Kembang Kuning Kecamatan Amuntai Tengah baru-baru ini, membenarkan bahwa gula batu unik khas Amuntai tersebut memang hanya dibuat oleh keluarganya secara turun-temurun.

“Resep pembuatan gula batu ini telah ada turun-temurun di keluarga saya. Pembuatannya benar-benar tanpa menggunakan mesin atau cetakan”, ujar Ibu Masrufah.

Gula batu ini selain dijadikan oleh-oleh, seringkali dijadikan kado ataupun hantaran dalam acara perkawinan.  Harga gula batu unik tersebut bervariasi, mulai dari yang paling murah dengan harga lima ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya berdasarkan pesanan konsumen.

Pembeli bisa mendapatkan gula batu unik tersebut di pasar Amuntai atau membeli langsung dari produsennya (Diskominfo/mahdi/ricky).

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara