Senin, 21 Oktober 2019
Pendidikan

GURU PAUD HSU TERIMA BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO

AMUNTAI – Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyerahkan bantuan kepada 100 guru PAUD di HSU berupa Media Pembelajaran Berbasis Audio.

Penyerahan bantuan tersebut bertempat di aula SMAN 2 Amuntai, Kamis (19/9).

Media Pembelajaran Berbasis Audio ini sangat membantu Pemerintah Indonesia untuk memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan untuk daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) yang tujuannya untuk meningkatkan pemerataan pendidikan di wilayah Indonesia.

Sekretaris Dinas Pendidikan H. Amberani mengucapkan terima kasih kepada BPMRPK yang telah memberikan bantuan media pembelajaran berbasis audio ini, khususnya kepada guru PAUD di HSU. Amberani mengharapkan kepada Guru PAUD supaya alat ini digunakan dengan sebaik mungkin, guna mengembangkan pola-pola pembelajaran untuk anak, sehingga anak didik tumbuh menjadi generasi yang tangguh.

“Keberhasilan anak menjadi kebanggaan bagi kita, sekolah, dan juga orang tuanya,” ujar Amberani.

Nur Faturrahman selaku Perancang Model BPMRPK mengatakan, sebagai UPT Pustekkom Kemendikbud dan pengembang media pembelajaran berbasis audio, pihaknya telah mengembangkan berbagai model dan format media audio pembelajaran untuk PAUD.

“Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pendidikan di daerah 3T adalah media audio. Sebab media itu harganya murah, portable, dapat diputar ulang, dapat digunakan bersama-sama, dan dapat merangsang partisipasi aktif pendengar,” ujarnya.

Menurutnya, berkaitan dengan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk daerah 3T untuk PAUD, maka diperlukan adanya fasilitasi dengan bentuk kegiatan berupa bimbingan teknis untuk pendidik anak usia dini, dengan tujuan agar pemanfaatan media audio dalam proses pembelajaran berjalan dengan lancar, sesuai dengan tujuan pengembangan model.

Para Guru PAUD juga diberikan pelatihan tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pengembangan kurikulum, bahan ajar, dan model pembelajaran yang sesuai dengan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan meningkatkan kompetensi Guru/Pendidik PAUD dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada satuan PAUD masing-masing di seluruh Kabupaten HSU yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 s/d 20 September 2019. (Diskominfo/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!