DPPKB HSU SOSIALISASIKAN APLIKASI KKBPK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar sosialisasi aplikasi penyuluhan KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) serta Konsolidasi Pencatatan dan Pelaporan secara online yang digelar di Aula Kantor DPPKB Kabupaten HSU, Selasa (8/9). Acara ini diikuti oleh 69 tenaga penyuluh KB se Kabupaten HSU dan dihadiri pemateri Kasubid Data Internet BKKBN Provinsi Kalsel Dra. Uniek Mulyaningsari.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan para penyuluh KB dapat melaporkan data hasil  pencatatan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi, serta dapat membantu dalam meng-update data sekalipun dalam perjalanan”, ujar Kabid ADPIN BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Akhmad Sajali.

Sajali juga berharap agar para penyuluh KB mendapatkan penilaian yang bagus, karena sekitar bulan September mendatang akan diselenggarakan Uji Sertifikasi untuk Penilaian Penyuluh KB” pungkasnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari BKKBN Provinsi Kalsel, untuk pencapaian update data Kabupaten HSU mencapai 63% sampai dengan 66%, sehingga dirinya bersyukur atas pencapaian tersebut.

“Selama ini kendala yang dihadapi oleh para penyuluh sendiri adalah masalah signal jaringan sehingga update data seringkali terganggu, membuat data harus dilaporkan secara maraton baik di Kecamatan maupun langsung ke Kabupaten. Demikian pula perkembangan KB menjadikan update utama pelaporan, sementara  masalah update data sendiri mendapat kendala apabila ada data yang berbeda seperti perbedaan data nama pada KTP dengan nama pada Tim Penyuluh.” tambah Anisah. (Diskominfo/wahyu)

Author

Amuntai-Tim Media Center

Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *