Rabu, 17 Oktober 2018
Kesehatan

HSU BERSIAP WAKILI KALSEL

Lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional

Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tingkat Nasional Tahun 2018.

Dalam rangka persiapan menjelang lomba tersebut, tim pembina dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan di Kabupaten HSU, Selasa (9/1).

Kedatangan tim pembina Provinsi Kalimantan Selatan disambut hangat oleh Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si, Ketua TP PKK HSU Dra. Hj Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Plt Sekda HSU drh. Suyadi, serta perwakilan SKPD dan Kecamatan terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK bersyukur karena Kabupaten HSU terpilih sebagai Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang akan mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional pada tahun ini, serta menghimbau kepada pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti pembinaan ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami (HSU) meminta pembinaan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan. Kalau ada hal yang kurang, mohon dikoordinasikan dengan DPPKB Kabupaten HSU sebagai jembatan untuk melengkapi hal-hal yang kurang”, tambah Wahid.

Wahid pun berpesan untuk membuat profil Daerah dengan sebaik mungkin, karena adanya profil tersebut merupakan salah satu persyaratan lomba.

“Buatlah sesuai apa yang kita lakukan, khususnya untuk bidang kesehatan, keluarga berencana termasuk bagian dari prioritas kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat HSU”, ujar Wahid.

Seiring dengan itu, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ina Agustina M.Ph menyampaikan, kategori pada lomba ini ada dua, yaitu kategori Kabupaten dan kategori Kota.

“Untuk kategori Kota adalah Banjarmasin Selatan, dan untuk kategori Kabupaten adalah Hulu Sungai Utara”, tambah Ina.

Ina juga mengingatkan bahwa profil daerah yang dibuat melalui tingkat Desa hingga Kabupaten/Kota akan dikirim ke pusat paling lambat minggu pertama bulan Febuari oleh TP PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi.

“Isi dalam profil harus sesuai dengan pedoman pelaksanaan, meliputi profil desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten, yang mencakup seperti pencapaian program KKBPK, kegiatan PKK, serta kegiatan Dinas Kesehatan”, jelas Ina.

Di lain pihak, Ketua TP PKK yang juga Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid, mengatakan bahwa Kabupaten HSU saat ini memiliki 11 Kampung KB.

Dikatakan Anisah, sebelumnya HSU hanya memiliki 10 kampung KB sesuai jumlah kecamatan. Namun saat ini HSU memiliki 11 kampung KB, karena untuk Kecamatan Babirik ada 2 desa yang dicanangkan sebagai kampung KB, yaitu Desa Sungai Durait Tengah dan Desa Hambuku Lima. (Diskominfo/ricky)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!