Sabtu, 21 September 2019
InovasiKerajinan

HSU DIPILIH JADI TEMPAT LOKALATIH PENGEMBANGAN KERAJINAN ANYAMAN PURUN DAN KIN SASIRANGAN ALAMI

Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpilih sebagai tempat lokalatih pengembangan kerajianan anyaman purun dan kain sasirangan alami.

Tempat yang dipilih oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk lokalatih kali ini bertempat di Desa Darussalam Kecamatan Danau Panggang.

Pelatihan ini digelar dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan gambut.

Kegiatan Lokalatih Pengembangan Kerajinan Anyaman dan Kain Sasirangan Alami ini diikuti oleh sekitar 28 orang yang di antaranya ibu-ibu dari Batola, Hulu Sungai Selatan, dan juga Hulu Sungai Utara, serta anak-anak dari SMK.

Perwakilan Badan Restorasi Gambut, Apriyanto, Selasa (21/5) mengatakan, Desa Darusalam dipilih menjadi tempat lokalatih karena pontensi yang sangat besar sekali terkait dengan serat alam (purun, rotan, dan eceng gondok).

“Di desa ini sudah terdapat beberapa kerajinan yang baik namun ingin ditingkatkan lagi agar produk di desa ini dapat mempunyai nilai yang lebih tinggi,” ujar Apriyanto.

Selain itu juga dengan mendatangkan beberapa pelatih yang sudah biasa mengajarkan terkait dengan serat alam atau pewarna alami untuk para pengrajin di desa tersebut agar menggunakan pewarna alami atau serat alam.

Seiring dengan itu, Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid mengatakan, dalam pembuatan kain sasirangan diharapkan tidak terikat lagi dengan bahan kimia, sehingga para pengrajin diajarkan agar bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar atau yang disebut bahan alami.

Anisah berharap melalui pelatihan ini masyarakat dapat lebih bagus lagi kualitas produksinya, serta mengangkat ekonomi masyarakat melalui pemasaran di tingkat nasional maupun internasional.(Diskominfo/Jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!