Rabu, 26 September 2018
Pemerintahan

HSU JALANI EVALUASI SAKIP

Amuntai – Tim Evaluator dari Inspektorat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan evaluasi terhadap penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bertempat di aula Bappelitbang HSU, Rabu (12/9).

Panitia pelaksana, Tony mengatakan, penyusunan SAKIP wajib dilaksanakan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan, yang dalam hal ini Kabupaten HSU dibawah kepemimpinan Bupati H. Abdul Wahid HK dan Wakil Bupati H. Husairi Abdi.

“Implementasi SAKIP dimaksudkan untuk mengubah mindset kita, pola pikir kita, yang selama ini kita sadar ada sesuatu yang belum tepat,” ujarnya.

Ia menambahkan, evaluasi SAKIP ini merupakan rangkaian terakhir yang dilaksanakan pada tahun 2018.

“Alhamdulillah semua proses sudah kita jalani. Adapun SKPD yang kita sampaikan berjumlah 29 SKPD, minus 10 Kecamatan,” imbuhnya.

Seiring dengan itu, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan yang berkenan hadir dalam evaluasi kali ini.

“SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah, khususnya di pemerintahan kita Kabupaten Hulu Sungai Utara,” jelas Husairi.

Husairi juga menjelaskan tujuan penyusunan SAKIP, yaitu untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja atau hasil kerja sebuah organisasi dengan menjawab keberadaan organisasi tersebut.

“Diperlukan sebuah sistem dalam membangun akuntabilitas tersebut, yaitu melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” tambahnya.

“Diharapkan pula kepada seluruh pejabat dan SKPD di lingkungan Kabupaten HSU agar benar-benar memperhatikan hal ini, sehingga kualitas SAKIP kita menjadi lebih baik,” harap Husairi. (Diskominfo/azra/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!