Jumat, 15 Desember 2017
KesehatanPemerintahan

HSU KAMPANYEKAN GEMARIKAN

 

 

Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memperingati Hari Ikan Nasional Ke-4, bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Lokal Banjang Desa Pelanjungan Sari Kecamatan Banjang, Selasa (28/11). Kegiatan dihadiri Bupati HSU, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK HSU, para Kepala SKPD, pelajar dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Dalam acara ini, Dinas Perikanan Kabupaten HSU mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), serta memperkenalkan aneka makanan olahan berbahan dasar ikan, seperti empek-empek haruan, ikan sepat kering tumbuk, amplang, siomay haruan, kerupuk haruan, bakso haruan, dan lain-lain.

Menurut Kepala Dinas Perikanan HSU Ir. H. Muhammad Suriani, M.Si, pihaknya terus melaksanakan pembinaan kegiatan perikanan di HSU melalui kegiatan optimalisasi penanganan pasca panen dan pengolahan hasil perikanan.

Suriani menyebutkan, berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Perikanan seperti sosialisasi produk hasil perikanan melalui demonstrasi diversifikasi olahan makanan berbahan dasar serba ikan, gerakan memasyarakatkan ikan (Gemarikan) di sekolah, lomba masak serba ikan, bimbingan teknis olahan hasil perikanan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Berkat berbagai upaya yang telah dilakukan, berhasil menempatkan Kabupaten Hulu Sungai Utara menduduki peringkat ke-3 sebagai pengkonsumsi ikan terbanyak di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Konsumsi ikan di Kabupaten HSU sudah mencapai 50 kg per kapita per tahun, menduduki peringkat ke-3 di Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Suriani.

Seiring dengan itu, Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si berharap melalui peringatan Hari Ikan Nasional akan semakin menggelorakan gerakan memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Semoga kita dapat meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya, karena ikan merupakan asupan pangan yang memiliki keunggulan ragam kandungan gizi, ragam pilihan, dan ragam kreasi olahan yang bisa dikembangkan”, ucap Wahid.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara berupaya terus melaksanakan kegiatan peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi, manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, serta mendekatkan ikan kepada masyarakat.

“Kita harus memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen Pemerintah Kabupaten HSU dan masyarakat, dalam rangka menjadikan ikan sebagai salah satu solusi permasalahan gizi masyarakat”, lanjut Wahid. (Diskominfo/mahdi/ricky)

1 Comment

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!