Senin, 20 November 2017
KesehatanUmum

HSU PERINGATI HKN DAN HUT IDI

Amuntai – Ratusan warga penuhi lapangan Pahlawan Amuntai untuk mengikuti senam bersama dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 sekaligus HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-67 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Minggu (12/11).

Mengusung tema “Sehat keluargaku, Sehat Indonesiaku” yang berlatar belakang Program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), peringatan HKN ke-53 dan HUT IDI ke-67 berlangsung meriah, pasalnya disamping diisi dengan senam bersama, dalam kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan sosial donor darah, cek kesehatan gratis skrining penyakit tidak menular, serta tes kebugaran.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan HSU dr. Agus Fidliansyah mengatakan, acara ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekaligus rangakaian kegiatan Nari Kesehatan Nasional di kabupaten HSU yaitu diantaranya skrining kesehatan penyakit tidak menular dan tes kebugaran yang sasarannya ditujukan kepada seluruh SKPD serta masyarakat umum.

“Adapun penyakit yang menjadi pemeriksaan skrining adalah penyakit yang tidak menular seperti hipertensi dan diabetes melitus, karena skrining penyakit ini paling tidak dilakukan enam bulan sekali”, lanjut Agus Fidliansyah.

Karena itu peringatan Hari kesehatan Nasional ke-53 pada tahun 2017 dinas kesehatan banyak melakukan upaya promotif dan preventif kepada keluarga guna mencegah penyakit yang tidak menular”, pungkasnya

Sementara itu, Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dipelopori oleh tenaga-tenaga Kesehatan khususnya Ikatan Dokter Indonesia yang ada di kabupaten HSU.

Wahid juga menghimbau kepada masyarakat agar menjalankan program GERMAS di lingkungan keluarga, diantaranya dengan makan sayur dan buah, begitu pula membiasakan untuk bergerak, berolahraga minimal 30 menit dalam sehari.

HUT IDI yang digelar pemotongan tumpeng oleh dokter Zaky sebagai perwakilan IDI HSU ini, selain dihadiri Bupati HSU, juga dihadiri Plt. Sekda HSU H. Suyadi, serta sebagian Pimpinan SKPD dan masyarakat umum yang juga ikut serta dalam cek kesehatan dan tes kebugaran secara bertahap, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan tekanan darah, cek riwayat kesehatan, dan sebagainya. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!