Jumat, 15 Desember 2017
Lingkungan Hidup

HSU TANAM RATUSAN POHON

Amuntai – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang bersamaan dengan Bulan Menanam Nasional (BMN), Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan kegiatan penanaman pohon di lingkungan terminal Banua Lima Kecamatan Amuntai Tengah, Kamis (7/12).

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti Wakil Bupati HSU, Ketua DPRD , Kepala Bank Kalsel, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Ketua TP PKK HSU, Wakil Ketua TP PKK HSU, Forum Komunitas Hijau (FKH), Perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Amuntai-Balangan, dan beberapa perwakilan SKPD di Kabupaten HSU.

Perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Amuntai-Balangan, Sahatan Manurung. M.Pd mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Revolusi Hijau.

Program revolusi hijau merupakan komitmen dari Pemerintah Provinsi Kalsel untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian dan kualitas lingkungan hidup. Program ini menitikberatkan pada upaya pemerintah dalam membangun kepedulian warga untuk lebih mencintai lingkungan hidup, melalui gerakan menanam pohon.

“Pada kegiatan Hari Menanam Nasional ini, kita menyediakan 100 pohon untuk ditanam di fasilitas umum dan halaman seluruh SKPD di Kabupaten Hulu Sungai Utara”, ujar Sahatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc menyampaikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar.

Dalam sambutan tertulis tersebut, Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan tema “Kerja Bersama, Memakmurkan Rakyat, Melestarikan Alam” yang mengandung arti pengelolaan hutan dan lahan tidak terlepas dari kegiatan semua pihak, baik dari Instansi pemerintah maupun masyarakat.

Menurutnya, tak bisa dibayangkan ke depannya jika alam semua gundul tanpa pohon dan tanaman. Demikian pula bencana banjir yang melanda sejumlah daerah, salah satu langkah antisipasinya yakni dengan menghijaukan area yang gundul dan tandus.

Husairi menambahkan, sejauh ini akar pohon diyakini sangat membantu menahan dan menyimpan air. Jika di musim kemarau, alam tentu tidak akan mudah mengalami kekeringan, karena pohon dapat menyimpan sumber air tanah yang sangat berguna di musim penghujan maupun musim kemarau.

“Dengan banyaknya manfaat yang ditimbulkan dari menanam pohon, diharapkan kita dapat terus membiasakan menanam pohon untuk lingkungan sekitar kita”, lanjut Husairi. (Diskominfo/faisal)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!