Rabu, 17 Oktober 2018
Pemerintahan

JELANG PENERAPAN ABSENSI SISTEM ONLINE, SKPD DIDAMPINGI HINGGA KE PELOSOK

Amuntai – Penerapan absensi sistem online di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah semakin dekat, karena ditargetkan sistem absensi tersebut sudah dapat terlaksana mulai awal Februari 2018, guna meningkatkan disiplin pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

Agar target tersebut dapat tercapai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) beserta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten HSU melakukan pendampingan kepada seluruh SKPD yang akan menerapkan absensi sistem online ini, seperti Badan, Dinas, Kantor Kecamatan, Rumah Sakit, Puskesmas, dan Kantor Kelurahan. Pendampingan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari sosialisasi absensi sidik jari yang digelar pada tanggal 24 Januari yang lalu.

Pendampingan mulai dilakukan sehari setelah sosialisasi dilaksanakan. Tidak hanya di daerah yang mudah dijangkau, pendampingan juga dilakukan ke Kecamatan yang hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi air, karena tidak tersedianya akses jalan melalui daratan. Seperti pendampingan yang dilakukan di Kecamatan Paminggir, Selasa (30/1).

Menurut Kepala Bidang E-Government Diskominfo HSU M. Haridi, SP., MP, pendampingan dilakukan untuk memastikan sejauhmana kesiapan seluruh SKPD untuk menerapkan absensi sistem online ini.

“Selain itu, kita juga bisa mengetahui apabila ada kendala di suatu SKPD terkait penerapan absensi online ini, segera bisa dicarikan solusi”, lanjut Haridi.

Mengenai kendala yang dihadapi, Haridi menuturkan, ada beberapa SKPD yang memiliki berbagai kendala, seperti belum tersedianya jaringan internet kabel. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan modem GSM dan router.

“Untuk SKPD yang belum memiliki jaringan internet, solusinya dengan menggunakan modem GSM dan router. Kita berupaya untuk mencapai target absensi sistem online ini agar bisa diterapkan pada awal Februari”, tutur Haridi.

Pada kesempatan yang sama, staf Diskominfo HSU Akhmad Ismail mengatakan, absensi sistem online ini sudah hampir siap dilakukan uji coba, sembari merampungkan hal-hal teknis lainnya.

“Setelah beberapa hari melakukan pendampingan ke SKPD, hingga saat ini persiapan telah mencapai 85 persen. Beberapa SKPD pun telah berhasil terhubung ke server untuk penerapan absensi sistem online ini”, kata Ismail.

Senada dengan itu, staf Diskominfo Adi Alamsyah optimis absensi sistem online bagi pegawai di lingkungan Kabupaten HSU akan bisa tercapai sesuai target, tentunya dengan dukungan dari semua pihak.

“Dengan kerjasama tim, saya optimis target tersebut bisa tercapai. Semuanya akan kita lakukan secara bertahap, sambil melengkapi hal-hal yang masih kurang”, pungkas Adi (Diskominfo/mahdi).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!