Kamis, 16 Agustus 2018
Pemerintahan

JELANG RAMADHAN, DKP HSU GELAR RAKOR PROGNOSA KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN PANGAN

Mengantisipasi lonjakan kebutuhan pangan menjelang bulan ramadhan dan idul fitri, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Rapat Koordinasi Prognosa Hari-Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), Selasa (15/5) bertempat di aula Dinas Ketahananan Pangan HSU.

Rapat koordinasi diikuti oleh beberapa instansi seperti Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel dan Kabupaten HSU; Dinas Pertanian; Dinas Perikanan; Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM; BPS HSU; Asosiasi Pedagang Beras; Bagian Perekonomian dan SDA Setda HSU; Polres HSU; dan penyuluh pertanian dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pertanian, Dinas Perindagkop dan UKM serta BPS HSU.

Menurut Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKP HSU Ir. Entin Lestanti, MM rapar koordinasi dilaksanakan bertujuan untuk menyusun prognosa kebutuhan dan ketersediaan pangan pokok, mengetahui kondisi dan ketersediaan dan harga pangan pokok menjelang dan selama periode HBKN, serta merumuskan bahan kebijakan dalam rangka mengantisipasi permasalahan ketersediaan, distribusi dan harga pangan menjelang dan selama periode HBKN.

“Menjelang hari besar keagamaan permintaan bahan pangan pokok cenderung lebih tinggi dibanding ketersediaannya. Distribusi juga sering mengalami gangguan karena hambatan transportasi, akibatnya ketersediaan cenderung menurun dan harga pangan cenderung mengalami kenaikan”, kata Entin.

Oleh karena itu menurut Entin, pemerintah perlu mengupayakan langkah-langkah antisipasi secara dini dan berkoordinasi untuk menghasilkan kebijakan yang tepat.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian HSU Ir. H. Ilman Hadi menyampaikan pemaparan tentang perkiraan penyediaan / stok bahan pangan pokok beras, cabe merah, kacang tanah, daging sapi, daging ayam dan telur di HSU.

Menurut Ilman surplus beras hasil produksi tahun 2017 masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama ramadan dan idul fitri, karena surplus beras tahun 2017 dapat memenuhi kebutuhan masyarakat HSU selama sekitar 19 bulan.

Sementara itu menurut Arbiansyah, Kasi pada Dinas Perindagkop UKM memaparkan hasil pemantauan harga di pasar Amuntai pada tanggal 26 April 2018 dan 14 Mei 2018. Menurut Arbian beberapa komoditas seperti beras, telur ayam kampung, telur itik, daging sapi, gula, cabe merah, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, dan kacang hijau tidak mengalami kenaikan.

“Sementara komoditas telur ayam ras, daging ayam ras dan daging ayam kampung mengalami kenaikan dengan persentase yang bervariasi”, jelas Arbian (Diskominfo/indah).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!