Rabu, 17 Juli 2019
Pemerintahan

KABUPATEN HSU PUNYA RUANG BERMAIN LAYAK BAGI ANAK

Amuntai – Guna melakukan penilaian standarisasi dan sertifikasi ruang bermain ramah anak dalam rangka Hari Aksara Internasional tahun 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tim penilai dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kabupaten HSU, Selasa (13/11).

Rahmat Rijali dari Kementerian PPPA RI mengatakan, selain melakukan penilaian, pihaknya juga akan mensosialisasikan tentang ruang bermain anak untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak untuk mencapai standar hidup yang layak bagi anak.

“Untuk bisa tumbuh kembang secara optimal, standar hidup yang layak anak harus dicukupi, paling tidak dari fisik, kemudian kebutuhan non fisik yang termasuk kebudayaan kesehatan kecukupan anak. Kita berharap anak-anak kita bisa tumbuh kembang secara optimal dengan adanya ruang bermain ramah anak,” jelas Rahmat.

Adapun ruang bermain anak yang dikunjungi tim penilai bertempat di sekitar lingkungan taman bermain Lapangan Pahlawan Amuntai. Di tempat ini tim penilai langsung melihat kondisi ruang bermain anak, serta berbagai fasilitas yang disediakan.

Dari hasil penilaian terhadap fasilitas dan ruang bermain anak di lapangan, tim penilai menyatakan bahwa ruang bermain anak yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara telah memenuhi standarisasi layak sebagai daerah yang masuk kategori layak anak.

Meski dinyatakan layak, namun tim penilai dari Kementerian PPPA tetap memberikan catatan kepada Pemerintah Daerah agar bisa melakukan pembenahan terhadap beberapa fasilitas sarana bermain anak dan menghilangkan sarana bermain yang bisa membahayakan bagi keselamatan anak.

“Alat bermain anak seharusnya minimal 5 jenis, sedangkan di sini meski lebih dari 5 fasilitas bermain, tapi masih ada yang sejenis, jadi harus ditambah jenis mainan yang berbeda,” pinta Rahmat.

Kedatangan tim penilai standarisasi dan sertifikasi ruang bermain ramah anak di Kabupaten Hulu sungai Utara ini disambut oleh Kepala Dinas PPPA Hj. Gusti Iskandariah beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara. (Diskominfo/agus/erwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!