Rabu, 19 Juni 2019
Pemerintahan

KABUPATEN HSU RAIH WTP KE-4 KALINYA

BANJARBARU – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-4 kalinya berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan tahun 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2018 Kabupaten Hulu Sungai Utara diterima langsung oleh Bupati HSU H Abdul Wahid HK didampingi Ketua DPRD HSU H. Sahrujani, bertempat aula BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Rabu (22/5). Penyerahan LHP tersebut bersamaan dengan Bupati/Walikota se-Kalimantan Selatan.

Sebelumnya BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan tahun 2018 sesuai dengan Undang-Undang No 15 Tahun 2014 dan Undang-Undang No 15 Tahun 2016 dengan memperhatikan antara lain Kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan Pengungkapan, Efektivitas Sistem Pengendalian Intern, dan Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan Tornada Syaifullah menyampaikan, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyimpulkan bahwa opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan seluruhnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tornanda menambahkan, meskipun semuanya berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian, akan tetapi BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan secara umum masih menemukan beberapa hal yang harus menjadi perhatian namun tidak mempengaruhi secara keseluruhan kewajaran penyajian laporan keuangan pemerintah daerah, sehingga dapat diberikan rekomendasi dalam LHP BPK untuk ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari setelah LHP diterima.

Sementara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK usai menerima LHP dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan terima kasih atas semua kerjasamanya dalam membangun pemerintahan, khususnya di lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang mana tahun ini kembali mendapatkan WTP untuk yang ke-4 kalinya.

“Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa mempertahankan WTP ini sampai 4 tahun berturut-turut. Kami bersyukur selama ini kehadiran BPK membantu, mendorong, dan melakukan ketertiban terhadap kinerja keuangan dan aset kita memberikan dampak yang sangat baik bagi akuntabilitas pelaksanaan anggaran di Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara,” ujar Wahid.

“Di Provinsi Kalimantan Selatan peran BPK ini kami amati sangat memberikan dukungan bagi terlaksananya pengguna anggaran dan akuntabilitas kinerja di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Kami berharap pembinaan yang dilakukan oleh BPK selama ini tetap dipertahankan dengan pola yang mungkin masih perlu lebih variatif lagi, tidak sekedar dilakukan pemeriksaan periode saja, tapi dalam hal-hal tertentu ini sangat diperlukan agar akuntabilitas kinerja dan pengguna anggaran di Pemerintah bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya,” tambahnya. (Diskominfo/Alpian/Yudi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!