Sabtu, 21 April 2018
Pendidikan

KEMENAG HSU DAN SGI BAHAS KERJASAMA

Amuntai – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Matnor menerima kunjungan pengelola Sekolah Guru Indonesia (SGI), Jumat (13/4), terkait kerjasama antara Kemenag HSU dan SGI.

Adapun kerjasama yang dijalankan yaitu program pelatihan SGI Master Teacher untuk guru-guru MI se-Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Matnor mengaku sangat berbahagia dengan hasil pelatihan yang sudah diaplikasikan guru-guru MI dari pelatihan yang sudah diikuti selama 7 pekan.

Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah terbentuknya guru transformatif yang sesuai dengan kurikulum SGI yang bisa mengelola kelas ajarnya, dan diharapkan menjadi guru yang memiliki 10 nilai kepemimpinan guru.

Adapun 10 nilai kepemimpinan guru yaitu teladan menegakkan ibadah, disiplin mengelola waktu, gemar membaca buku, pelopor kebersihan sekolah, aktif memberdaya masyarakat, sahabat terbaik siswa, tertib menyiapkan administrasi, kreatif membuat media, profesional dalam mengajar, dan gigih untuk meneliti.

“Guru terutama guru MI harus bisa melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan diri dengan zamannya. Hal ini sesuai dengan kurikulum SGI yang menekankan pada tranformasi guru menjadi guru pemimpin,” kata Matnor.

Matnor juga mengharapkan guru MI menjadi inisiator dan senantiasa belajar demi kemajuan madrasah, dan ilmu yang didapat harus juga disebar ke guru-guru lainnya sebagai ladang pahala bagi guru.

Adapun program SGI MT batch 1 ini sudah dilaksanakan perkuliahannya di 3 kecamatan di HSU, yaitu di MIN 10 Kecamatan Sungai Pandan, MI Mambaul Ulum Kecamatan Amuntai Selatan, dan MIN 26 Kecamatan Danau Panggang. Menyusul kemudian di Kecamatan lainnya pada batch berikutnya. (Diskominfo/Trainer SGI/Muniroh)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!