Kamis, 16 Agustus 2018
Agama

KEMENAG HSU GELAR RAPAT KESERAGAMAN IMSAKIYAH

Amuntai – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H serta menjaga persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat dengan agenda upaya kebersamaan penerapan Jadwal Imsakiyah Ramadhan.

Rapat yang digelar di Aula Kantor Kemenag HSU, Senin (14/5), dihadiri Wakil Bupati HSU, Kepala Kantor Kemenag HSU, DPC Muhammadiyah Kabupaten HSU, DPC Nahdlatul Ulama Kabupaten HSU, Pengurus Masjid Al-Jihad, Pengurus Masjid Raya At-Taqwa, dan pimpinan Radio Gema Kuripan (RGK).

Menurut Penyelenggara Syariah Drs. H. Taufikurrahman, guna menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, jadwal imsakiyah sudah dibuatkan untuk seluruh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga diharapkan adanya keseragaman dalam pelaksanaannya.

Taufik menambahkan, untuk keseragaman di Kabupaten Hulu Sungai Utara, pembunyian sirine nantinya berpatokan pada sirine yang disiarkan melalui Radio Gema Kuripan (RGK).

“Terkecuali daerah Kecamatan Paminggir, waktu imsakiyah ditambah 2 menit dikarenakan daerah tersebut mendekati daerah Marabahan,” tambahnya.

Sementara itu, Komisi Fatwa MUI HSU KH. Abdul Bari menyampaikan, Jadwal Imsakiyah Abadi dengan Jadwal Imsakiyah yang dibuat tidak jauh berbeda.

“Kalau pun ada perbedaan, hanya beberapa detik,” tandasnya.

Senada dengan itu, Ketua MUI Kabupaten HSU KH. Said Masrawan, Lc., MA menyampaikan, alat media sirene adalah pertanda saatnya berbuka puasa.

“Agar ada keseragaman dalam sirine, maka patokan sirene seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu Radio Gema Kuripan (RGK),” lanjutnya.

Di akhir rapat, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc menegaskan kesimpulan rapat kali ini, bahwa patokan imsakiyah seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu dari Radio Gema Kuripan, terkecuali untuk daerah Paminggir yang ditambah 2 menit setelahnya. (Diskominfo/ricky/indah).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!