Rabu, 17 Oktober 2018
Umum

KEMENAG HSU PERINGATI HARI AMAL BAKTI KE-72

 

Amuntai – Puncak peringatan Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama RI di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ditandai dengan digelarnya upacara yang berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama HSU, Rabu (3/1).

Upacara ini dihadiri para pejabat daerah, seperti Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala Kementerian Agama HSU, Pejabat Struktural Kemenag HSU, serta jajaran karyawan dan pelajar di lingkungan Kementerian Agama.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si saat menjadi pembina upacara, membacakan sambutan tertulis dari Menteri Agama RI.

Dalm sambutan tertulis tersebut, dikatakan bahwa pada tanggal 3 Januari 1946 Kementerian Agama resmi berdiri sebagai perangkat bernegara dan berpemerintahan, dan pada saaat itu Indonesia merupakan negera yang pertama kali memiliki Kementerian di bidang agama.

“Kementerian agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi seluruh pemeluk agama di dalam kesatuan negara RI, sehingga pelaksanaan tugas Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita”, lanjut Wahid membacakan sambutan tertulis tersebut.

Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama yang mencerminkan bangsa Indonesia.

Dikatakan, Sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” adalah jantung kebangsaan tempat bertemunya semangat beragama dan cinta tanah air; Sila kedua “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” berisikan ajaran universal semua agama dalam menghargai jiwa, kehormatan, dan kehidupan manusia; Sila ketiga “Persatuan Indonesia” bermakna ikatan bangsa yang merajut keberagaman masyarakat indonesia; Sila keempat “Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan” untuk mewujudkan sistem yang demokrasi khas Indonesia; dan sila kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” diterjemahkan sebagaai kebijakan dalam segenap sumber daya demi perbaikan nasib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata.

Oleh karena itu, setiap aparatur Kementerian Agama memiliki beberapa misi, antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan agama yang berkualitas, melebarkan aktif pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan agama yang sesuai kebutuhan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Seiring dengan itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK selaku pimpinan daerah menyampaikan bahwa Kabupaten HSU saat ini sedang mengemban visi dan misi HSU MANTAP, yaitu Hulu Sungai Utara yang lebih Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, Produktif.

“Saya berharap seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten HSU memberikan dukungan untuk tercapainya visi dan misi tersebut”, harap Wahid.

Wahid juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya tentang budaya kerja yang ada di Kementerian Agama HSU sebagai tekad bagi seluruh jajaran Kementerian Agama yaitu 5 budaya kerja, yakni integeritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

Usai upacara, Bupati HSU menyerahkan hadiah kepada para juara-juara lomba dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama RI di HSU, seperti lomba tilawatil qur’an, lomba menghafal Al-Qur’an 10 juz, penghargaan guru-guru, dan lain-lain. (Diskominfo/ricky)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!