Rabu, 11 Desember 2019
Dekranasda

KETUA DEKRANASDA HSU HADIRI RAKERNAS DEKRANASDA DI JAKARTA

AMUNTAI – Bersama seluruh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj. Anisah Rasyidah Wahid menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranasda 2019 di Gedung Jenderal A. H. Nasution Kantor Kementerian Pertahanan, Selasa (10/9).

Selain dari HSU, juga diundang Ketua Dekranasda 6 Kabupaten/Kota di Kalsel, yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Banjarbaru, Balangan, Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin. Tampak hadir pula Ketua Umum Dekranasda Kalsel Hj. Raudatul Jannah Sahbirin didampingi Ketua Harian H. Mahyuni.

Pada Rakernas tersebut, Hj. Anisah Rasyidah Wahid dan seluruh Ketua Dekranasda dari Provinsi Kalimantan Selatan kompak mengenakan pakaian khas Sasirangan.

Rakernas Dekranas yang dibuka Ketua Umum Dekranas Hj. Mufidah Jusuf Kalla ini mengangkat tema “Bekerja Dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia”. Tujuan diadakannya Rakernas ini untuk meningkatkan daya saing produk perajin, mensejahterakan perajin, dan regenerasi pengrajin secara berkelanjutan karena saat ini keberadaan perajin sudah semakin langka.

Menurut Anisah, pelaksanaan Rakernas Dekranas 2019 menjadi bagian yang sangat penting bagi Dekranasda, khususnya Kabupaten HSU, sebagai ajang tukar pikiran dan pengalaman dari Dekranasda seluruh Indonesia. Karena setiap daerah mempunyai keunggulan dalam pengembangan kerajinan di daerahnya masing-masing.

“Dekranasda HSU akan selalu berusaha mendorong pelaku industri kerajinan agar mampu bersaing. Tak kalah penting kita harus mampu berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif, melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk. Tentu Dekranasda pusat menghendaki adanya peningkatan kualitas dan kuantitas produk kerajinan daerah agar lebih bisa bersaing di pasar lokal maupun luar negeri,” ujar Anisah di Jakarta.

Anisah menambahkan, untuk meningkatkan kualitas kerajinan di HSU, sejauh ini Dekranasda HSU melakukan peningkatan kompetensi SDM, produk kerajinan melalui pelatihan, pendampingan, serta penumbuhan wirausaha baru.

Terkait dengan pelaksanaan Rakernas Dekranas 2019, pihaknya sebagai pengurus Dekranasda akan melaksanakan dan menerapkan hasil rekomendasi, guna memajukan dunia kerajinan di Kabupaten HSU. (Diskominfo/Eddy/Nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!