Rabu, 17 Juli 2019
EkonomiInovasiKesehatan

KKP KAMPANYEKAN GEMARIKAN DI HSU

AMUNTAI – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggalakkan konsumsi ikan di masyarakat melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Seperti yang dilaksanakan di Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan dalam rangka Safari Gemarikan, Senin (8/7).

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Kepala Desa Simpang Empat ini mendapat respon positif dari masyarakat khususnya para ibu yang datang bersama buah hatinya.

Selain diajak untuk peduli akan kebutuhan gizi anaknya melalui Gemarikan agar dapat mencegah stunting, dalam kegiatan ini para ibu juga diajak untuk dapat mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi berbagai macam inovasi menu.

Bupati HSU yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H M Taufik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Direktorat jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perikanan Kabupaten HSU atas terlaksananya kampanye promosi peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat khususnya ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja putri produktif dalam rangka penanganan stunting serta Germas di kabupaten HSU.

“Kegiatan ini tentunya sangat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengkonsumsi ikan demi terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” kata Taufik.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengkampanyekan kegiatan Gemarikan khususnya di kabupaten HSU, baik melalui pengetahuan tentang kandungan gizi ikan, manfaat ikan, serta nilai ekonomis jika dijadikan sebagai produk olahan.

Dirinya berharap agar momentum ini dapat memperkuat kerjasama dan koordinasi fungsional yang efektif dari seluruh komponen, dari pemerintah sampai masyarakat, sehingga penanganan permasalahan gizi masyarakat dapat teratasi serta menjadikan ikan sebagai tumpuan protein dalam menu keluarga.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid yang mengaku sangat berterimakasih atas kedatangan pihak KKP terkait penanganan stunting melalui program Gemarikan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya bagi masyarakat kecamatan Babirik, Kecamatan Sungai Tabukan, Kecamatan Sungai Pandan, dan kecamatan Amuntai Selatan yang difokuskan pada kawasan Desa Kampung KB Desa Simpang empat,” ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Sebelumnya, dalam kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, gelar produk dari olahan ikan, game berhadiah bingkisan menarik, serta penyerahan paket Gemarikan kepada ibu-ibu dari 5 kecamatan yang ikut dalam kegiatan ini.

Di samping kedatangan pihak KKP RI yang dihadiri oleh Kasi Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Dirjen PDSPKP Dede Gilang Septarina, hadir pula Kabid Penguatan Saing Produk Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalsel Wahdah, Camat Amuntai Selatan, Jajaran Dharma Wanita Persatuan, TP PKK Kecamatan dan Desa, Pejabat SKPD di lingkungan Pemkab HSU, para Kades, Perwakilan Polsek dan Koramil, para mahasiswa, tokoh masyarakat, serta para undangan dan para ibu-ibu masyarakat di empat kecamatan sekitar. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!