Senin, 21 Oktober 2019
KesehatanLingkungan Hidup

KNPI HSU BERSAMA RELAWAN BAGI-BAGI MASKER GRATIS

AMUNTAI – Menyikapi dampak kabut asap yang melanda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akhir-akhir ini, DPD KNPI HSU bekerjasama dengan relawan dari Dinas Kesehatan HSU, PMI, Duta Genre, Duta Lingkungan Hidup, Duta Pariwisata dan Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) 333 membagikan ribuan masker gratis kepada warga masyarakat.

Wakil Ketua 1 KNPI HSU Saleh Maulana Abdi mengatakan, aksi sosial yang dilaksanakan bersama para relawan tersebut dalam rangka menyikapi dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pembagian masker dibagi 4 titik, yaitu Bundaran Kota Amuntai, Pasar Candi Amuntai, simpang 4 Hotel Lambung Mangkurat, dan simpang 4 Palampitan (kawasan pasar sajumput).

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap dapat mengurangi dampak kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

“Semoga kabut asap cepat berlalu agar tidak banyak masyarakat yang terdampak kabut asap. Jika kabut asap tidak segera berlalu, maka kegiatan aksi sosial serupa akan terus dilaksanakan,” ujar Saleh Maulana Abdi.

Sementara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK yang turut hadir dalam pembagian masker gratis tersebut, mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten HSU darurat asap. Diketahui ada beberapa titik api yang jauh dari kawasan pemukiman.

“Kita berupaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bisa terpantau dan dapat ditangani dengan cepat. Masyarakat diharapkan menjaga kesehatan, serta menggunakan masker saat keluar rumah agar terhindar dari penyakit selama terjadi kabut asap,” imbau Wahid.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah atau membuka lahan dengan cara dibakar, agar tidak memperparah dampak kabut asap. (Diskominfo/Aulia)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!