Selasa, 19 Maret 2019
Pemerintahan

KOMISI IV DPRD KABUPATEN BANJAR KUNJUNGAN KERJA KE HSU

Amuntai – Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut hangat oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), Jumat (8/3).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar Hj. Tia Rifani mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi serta menjalankan tugas dan fungsi Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Pihaknya ingin menggali lebih banyak pada Disperindagkop dan UKM HSU mengenai peran Pemkab HSU dalam rangka pembinaan terhadap UKM dan sertifikat penyuluhan tanah industri rumah. “Sehingga nantinya kami dapat mengambil sisi baik yang bisa diambil dan diadopsi serta dijadikan sebuah program di tempat kami,” imbuhnya.

“Kami juga ingin mempelajari regulasi-regulasi mengenai UMKM yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara agar bisa menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Banjar,” tambahnya.

Seiring dengan itu, Kepala Disperindagkop dan UKM HSU H. Akhmad Redhani Effendi menyampaikan, selama ini Disperindagkop dan UKM HSU terus berupaya melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap UMKM guna menambah kualitas, wawasan, dan pengetahuan para pelaku usaha dalam rangka mendorong perekonomian masyarakat di Hulu Sungai Utara.

“Berdasarkan data tahun 2016, jumlah pelaku UMKM di HSU sebanyak 113.464 orang yang terdiri dari 69.984 laki-laki dan 43.480 wanita. Banyaknya jumlah UMKM tersebut mendorong Disperindagkop dan UKM HSU untuk terus melakukan upaya-upaya pembinaan,” terang Effendi.

Effendi menambahkan, pihaknya juga sering melakukan sosialisasi mengenai kebijakan pemerintah mengenai UMKM; melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan manajemen pengelolaan koperasi; melaksanakan pelatihan industri kerajinan, pangan, industri rumah tangga, dan sebagainya; memfasilitasi kemitraan usaha (permodalan); melaksanakan pelatihan ke luar daerah; dan memanfaatkan teknologi untuk pemasaran.

Dalam kunjungan kerja ini, anggota DPRD Komisi IV Kab. Banjar dan Diskoperindagkop UKM HSU juga melakukan diskusi mengenai pembinaan UKM dan pengelolaan pasar, guna saling berbagi informasi dan memberikan saran. (Diskominfo/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!