Rabu, 26 September 2018
Pemerintahan

KPU HSU BAHAS ALAT PERAGA KAMPANYE

Amuntai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan rapat koordinasi pemilu legislatif dan pemilu serentak tahun 2019 tentang alat peraga kampanye (APK) dan titik tempat pemasangan APK yang diperbolehkan, bertempat di Gedung Arsip HSU, Kamis (13/9).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Forkopimda, Bawaslu, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, serta Dinas Kominfo.

Ketua KPU Kabupaten HSU, Rina Mei Saputri mengatakan, rapat koordinasi kali ini membahas tentang alat peraga kampanye (APK) dan penempatan titik pemasangan APK, bersama lintas sektor terkait.

“Untuk pemasangan APK itu terdiri dari baliho, spanduk, dan umbul-umbul, dengan ukuran yang disesuaikan berdasarkan peraturan yang berlaku,” ujar Rina.

Rina menjelaskan, dalam pemasangan APK ada beberapa batas ukuran. Baliho batas ukuran paling besar 4 (empat) meter x 7 (tujuh) meter, spanduk paling besar ukuran 1,5 (satu koma lima) meter x 7 (tujuh) meter, umbul-umbul paling besar 5 (lima) meter x 1,15 (satu koma lima belas) meter. Desain APK harus memuat visi misi dan program calon.

“Pemasangan APK harus sesuai dengan pedoman KPU berdasarkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

Rina juga menyampaikan masa kampanye dan pemasangan APK akan berlangsung sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Sementara untuk yang memasang iklan di media cetak, media elektronik, dan media dalam jaringan, rapat umum atau kampanye terbuka dari 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019.

“Adapun tempat yang dilarang pemasangan APK sesuai dengan peraturan KPU (PKPU), diantaranya adalah tempat ibadah, rumah sakit, lembaga pendidikan, jembatan, fasilitas umum, fasilitas sosial, tempat terbuka hijau, halaman kantor pemerintah, rambu lalu lintas, tiang listrik, kuburan, pos-pos, pohon-pohon, dan tiang penerang jalan,” tambahnya.

Rina juga berharap kepada partai politik yang mencalonkan dapat menaati peraturan, serta bisa menjaga keharmonisan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Diketahui, partai politik yang terdaftar di KPU Kabupaten HSU ada 15 partai politik, dan 12 diantaranya telah mengajukan calegnya untuk pemilu nanti.(Diskominfo/ricky/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!