Rabu, 23 Oktober 2019
Umum

KPU HSU LAKUKAN SIMULASI PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA

AMUNTAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum, bertempat di Siring Itik, Kamis (11/4).

Pada simulasi ini, tempat pemungutan suara (TPS) dirancang sedemikian rupa meyerupai seperti kondisi aslinya pada saat pemilihan umum 17 April nanti.

Dalam simulasi ini diberikan pemahaman kepada PPK dan PPS saat mengerjakan tugas masing-masing, mulai dari menerima pencoblos, memberikan surat suara, dan memasukkan ke dalam kotak surat suara yang tersedia.

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan gambaran pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara saat pemilihan umum 17 April nanti, serta menghitung perkiraan estimasi waktu selama pencoblosan.

“Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar, dan juga saat pemungutan dan perhitungan suara 17 April nanti bisa berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” harap Rina.

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP dan Damkar HSU Jumadi mewakili Bupati HSU, mengatakan bahwa simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan serta gambaran saat di TPS nanti.

Menurut Jumadi, simulasi ini juga untuk mempersiapkan secara detail apa saja yang harus diperhatikan, seperti estimasi waktu agar tidak terlalu lama, dan penanganan masalah teknis ketika di TPS.

“Simulasi ini untuk meminimalkan resiko-resiko ketika pemungutan dan perhitungan suara 17 April nanti,” pungkasnya.

Sebanyak 150 simpatisan petugas dari KPPS, PPK, PPS, Linmas, dan relawan ikut dalam melaksanakan terselenggaranya simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2019. Tampak hadir pula anggota Bawaslu, Polres HSU, Kodim 1001 Amuntai, dan perwakilan SKPD seperti Kesbangpol, Dishub, dan Satpol PP dan Damkar. (Diskominfo/ricky/yudi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!