Senin, 21 Oktober 2019
Umum

KUALITAS PRODUK OBAT HARUS TERJAMIN

AMUNTAI – Sistem jaminan kualitas produk obat oleh industri farmasi dapat memberikan jaminan obat yang baik untuk dikonsumsi masyarakat luas, tetap aman, bermanfaat, dan bermutu.

Hal itulah yang mendasari Loka POM Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan obat yang baik di fasilitas pelayanan kefarmasian, apotek, puskesmas, dan rumah sakit. Kegiatan bertempat di aula RSUD Pambalah Batung Amuntai, Sabtu (5/10).

Kegiatan bimtek pengelolaan obat yang baik ini diikuti puluhan apoteker di seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kepala Loka POM HSU Bambang Hery Purwanto mengatakan, kegiatan bimtek pengelolaan obat yang baik ini untuk meningkatkan pengetahuan para apoteker tentang obat, di mana saat ini banyak sekali beredar obat palsu.

“Tentu ini harus kita tanggulangi bersama-sama dalam pencegahan terhadap pendistribusian itu, memberikan kepercayaan masyarakat bahwa ingin mendapatkan obat asli atau yang tidak palsu harus ke apotek atau puskesmas,” ujar Herry.

Ia menambahkan, dalam upaya mencegah peredaran obat palsu ini harus ada komitmen bersama dari seluruh apoteker di HSU yang ada di rumah sakit, puskesmas, apotek dalam pengelolaan obat yang baik.

“Karena sebenarnya pemerintah mendelegasikan pengelolaan obat dari awal produksi, distribusi, sampai ke pelayanan pemberian obat langsung ke pasien itu hanya kepada apoteker bukan kepada yang lain,” pungkas Herry.

Adapun Ina Septina Wakil Ketua PC IAI HSU selaku narasumber, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengambil resep obat melalui jalur faskes resmi pemerintah yang terjaga kualitas mutunya.

“Dalam penulisan resep dilengkapi mulai dari nama dokter, alamat dokter, nomor telepon dokter, sehingga apabila terjadi permasalahan pada resep tersebut bisa segera menghubungi dokter tersebut serta mempercayakan faskes resmi pemerintah, sehingga kualitas mutu obat terjaga,” pesan Ina. (Diskominfo/ricky/irwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!