Senin, 22 April 2019
Umum

LOGISTIK PEMILU DI KABUPATEN HSU MULAI DIDISTRIBUSIKAN

AMUNTAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memulai distribusi logistik Pemilu menggunakan 2 buah truk PT POS Indonesia dengan pengawalan ketat Polres HSU, Jumat (12/4).

Distribusi logistik yang berisi kotak suara, surat suara, dan lain-lain tersebut pada hari pertama Jumat 12 April ditujukan untuk tiga kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Banjang dengan 20 Desa untuk 57 TPS, Kecamatan Haur Gading 18 Desa untuk 51 TPS, dan Kecamatan Sungai Tabukan 17 Desa untuk 50 TPS.

Untuk hari kedua Sabtu 13 April ditujukan kepada empat kecamatan, yaitu Kecamatan Babirik 23 Desa untuk 69 TPS, Kecamatan Sungai Pandan 33 Desa 95 TPS, Kecamatan Danau Panggang 16 Desa untuk 66 TPS, dan Kecamatan Amuntai Utara 26 Desa untuk 73 TPS.

Adapun hari ketiga Minggu 14 April ditujukan kepada Kecamatan Amuntai Selatan 30 Desa untuk 96 TPS, dan Kecamatan Amuntai tengah 29 Desa untuk 163 TPS.

Sementara distribusi logistik pemilu untuk Kecamatan Paminggir rencananya akan dilakukan pada hari terakhir Senin tanggal 15 April 2019 menggunakan truk dan kapal/boat, karena 27 TPS di 7 Desa yang berada di kecamatan tersebut hanya dapat dicapai melalui jalur sungai.

“Kami akan melakukan distribusi logistik pemilu untuk kecamatan Paminggir pada hari terakhir, karena mekipun beberapa desa akan dilewati, akan tetapi logistik ini harus lebih dulu tiba di kantor kecamatan untuk melalui proses,” tutur Riza Ansari selaku Komisioner KPU HSU di sela-sela kegiatan distribusi tersebut.

Menurut Riza, pihaknya memilih kecamatan Paminggir pada akhir pendistribusian logistik, pasalnya wilayah kecamatan tersebut berada di wilayah yang jauh dan hanya dapat ditempuh melalui jalur air, sehingga perlu memakan waktu yang lumayan lama.

Selain itu, Riza juga menyebut, berbeda dengan pemilu sebelumnya yang mana proses pengangkutan logistik masih ditangani sendiri oleh KPU, pada pemilu tahun ini proses pengangkutan dibantu oleh pihak PT POS Indonesia di Amuntai berdasarkan hasil MoU KPU HSU dan PT POS sebelumnya.

“Karena riskan akan hal-hal yang tidak diinginkan, jadi berdasarkan hal tersebut kami memilih untuk bekerjasama dengan pihak POS untuk pengiriman logistik ini,” ujar Riza.

Dirinya berharap agar proses distribusi logistik pemilu ini ke seluruh wilayah di Kabupaten HSU dapat berjalan lancar, dengan pengawalan petugas kepolisian, di bawah pengawasan Bawaslu, serta para petugas PPS dan PPK kecamatan masing-masing.

Rencananya logistik seperti halnya kotak suara nantinya akan dikirimkan melalui pihak kecamatan. Kemudian dari kecamatan akan didistribusikan lagi ke TPS masing-masing yang berada di daerah tersebut. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!