Selasa, 25 September 2018
Pendidikan

MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN MELALUI PELATIHAN DISPLAY KELAS

Amuntai – Puluhan guru MI di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti Pelatihan Display Kelas SGI Master Teacher, bertempat di MI Mambaul Ulum Desa Kutai Kecil Amuntai Selatan, Minggu (8/4).

Pelatihan Display Kelas yang dilaksanakan oleh Sekolah Guru Indonesia (SGI) ini bertujuan untuk melatih guru agar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan, sehingga dapat menunjang dalam proses pembelajaran yang optimal di kelas.

Guru-guru yang mengikuti pelatihan tampak antusias dan bersemangat mempersiapkan diri dengan berperan sebagai tokoh-tokoh yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di tingkat MI. Tokoh yang diperankan seperti koki, pesulap, pemain bola, pramuka, pahlawan, insinyur, pejabat, dan lain-lain.

Sebagai contoh, guru yang memerankan dirinya sebagai pemain sepak bola dapat menjadikan bola sebagai bahan pembelajaran, seperti bentuk bola, warna bola, cara membentuk kerja sama, dan motivasi untuk meraih kemenangan dengan cara yang sportif.

Contoh lainnya, guru yang berperan sebagai pesulap dapat menjelaskan tentang perubahan benda, seperti kardus yang bisa berubah bentuk, air yang bisa membeku menjadi es, dan lain-lain. Tentunya dengan permainan peran yang sederhana dari guru-guru ini sangat menyenangkan untuk disimak oleh murid MI.

Mengingat bahwa murid tingkat MI masih termasuk anak-anak dan menyenangi adanya modifikasi pembelajaran salah satunya dengan menggunakan teknik visual lewat permainan peran oleh guru, hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan murid dalam belajar, sehingga dapat merangsang murid agar lebih memperhatikan penjelasan dari guru.

Selain itu, dengan adanya peran yang dimainkan oleh guru dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu murid agar dapat lebih cepat memahami dan mengingat pembelajaran yang disampaikan oleh guru. (Diskominfo/ikhsan/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!