PendidikanPotensi Investasi

MENUJU PASAR BEBAS DAN EKSPOR, HSU GELAR PELATIHAN STANDARISASI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS ONLINE

 

Amuntai – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerja sama dengan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Standarisasi Produksi Menuju Pasar Bebas dan Ekspor bagi Peserta Kluster Kerajinan Anyaman Purun dan Ilung (Ampulung) Pemasaran Berbasis Online, bertempat di Gedung Agung, Rabu (4/10).

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc.  Dalam sambutannya Husairi mengapresiasi terlaksananya pelatihan tersebut karena sangat membantu sektor perdagangan.

“Pemerintah Daerah mengapresiasi atas terlaksananya Pelatihan Standarisasi Produksi Menuju Pasar Bebas dan Ekspor bagi Peserta Kluster Kerajinan Ampulung Pemasaran Berbasis Online ini, karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu dalam sektor perdagangan. Selain itu, kemajuan teknologi sangat efektif dan efisien dalam pemasaran hasil kerajinan”, ujar Husairi.

Pemkab HSU juga berharap agar semua elemen masyarakat bisa memperkenalkan produk daerah masing-masing, khususnya anyaman purun dan ilung, supaya bisa dikenal di seluruh Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Menurut Plt. Kepala Disperindagkop dan UKM Ir. Kaberi, MM, adanya pelatihan ini diharapkan semakin mengembangkan potensi kerajinan anyaman purun dan ilung (Ampulung) di Kabupaten HSU.

“Pengusaha pengrajin ampulung diharapkan bisa menghadapi pasar bebas, serta dapat menambah penghasilan keluarga”, lanjut Kaberi.

Sementara itu, Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad John mengatakan, hasil kerajinan dari HSU sudah memiliki peminat hingga luar negeri.

“Program ini akan sangat membantu meningkatkan mutu hasil kerajinan dan kesejahteraan masyarakat. Para peserta diharapkan mengikuti program pelatihan ini dengan sebaik-baiknya”, lanjut John.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 40 peserta, yang dilaksanakan mulai tanggal 3 Oktober sampai 5 Oktober 2017 di Disperindagkop dan UKM HSU (Diskominfo/ricky/aulia).

1 Comment

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara