Selasa, 10 Desember 2019
Pemerintahan

MUSRENBANG RKPD SOROTI PRIORITAS PEMBANGUNAN DI HSU

Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HSU tahun 2019, bertempat di Aula Bappelitbang HSU, Selasa (20/3).

Musrenbang RKPD kali ini mengangkat tema “Penguatan Infrastruktur, Ekonomi Kerakyatan, dan Pelayanan Dasar untuk HSU MANTAP”. Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati HSU, Plt Sekda, Ketua dan anggota DPRD, Forkopimda, Pejabat Bappeda Provinsi Kalsel, Perwakilan SKPD HSU, Camat, Lurah, LSM, dan masyarakat.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si pada saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2019 mengatakan, sesuai dengan tema tersebut diharapkan pembangunan benar-benar bisa menunjang masyarakat untuk maju, mandiri, sejahtera, agamis dan produktif.

Tujuan tersebut terangkum dalam yel-yel “HSU MANTAP” yang selalu diserukan di setiap awal kegiatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, guna mengingatkan visi dan misi yang ingin dicapai dalam setiap prioritas pembangunan.

“Kita sering meneriakkan HSU MANTAP di setiap kegiatan. HSU MANTAP ini diharapkan bukan sekadar yel-yel atau teriakan semata, melainkan sebuah gerakan daerah yang ingin kita wujudkan bagi seluruh komponen masyarakat”, kata Wahid.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Beppelitbang) HSU H. Fajeri Ripani, S.Sos., M.Si mengatakan, pelaksanaan musrenbang RKPD ini diselenggarakan sesuai dengan undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang dimaksudkan untuk penyempurnaan penyusunan RKPD yang akan menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten HSU tahun 2019.

“Meliputi permasalahan daerah, isu-isu strategis daerah, prioritas dalam pembangunan daerah tahun 2019, dan berbagai capaian kinerja pemerintah daerah tahun 2019”, lanjut Fajeri.

Fajeri mengatakan, ada 434 program dan 1148 kegiatan yang diusulkan dari seluruh SKPD se-Kabupaten HSU, dengan dana alokasi anggaran sekitar 387 milyar rupiah, meliputi bidang ekonomi , bidang sosial dan budaya,serta bidang infrastruktur.

Seiring dengan itu, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel melalui Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi, Drs. I Gede Suardika, M.Si , berharap musrenbang RKPD Kabupaten/Kota dapat memberikan berbagai masukan mengenai pembangunan di daerah, prioritas pembangunan, program kegiatan, indikator pembangunan, target kerja, serta lokasi kegiatan.

“Melalui forum musrenbang ini diharapkan semua stakeholder dan Kepala Perangkat Daerah mempunyai komitmen untuk menghasilkan pembangunan yang berkualitas dan peningkatan kesejahteraan rakyat”, kata Suardika.

Ia berharap agar semua perangkat daerah bisa tersinkronisasi dan berkoordinasi dengan baik, sehingga tidak ada lagi program kegiatan yang berjalan sendiri. (Diskominfo/ricky/indah)

1 Comment

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!