AgamaPemerintahan

NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA GRATIS

(Buku Nikah. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

 

Pernikahan yang dilangsungkan di Kantor Urusan Agama (KUA) ternyata banyak keuntungannya jika dibandingkan dilakukan di rumah mempelai perempuan atau diluar Kantor KUA.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 yang mengatur tentang biaya pernikahan, disebutkan bagi yang melaksanakan pernikahan di KUA, tidak dikenakan biaya satu rupiahpun atau nol rupiah.  Dan bila dilaksanakan di luar KUA akan dikenakan biaya 600 ribu rupiah.

Ada beberapa alasan bagi masyarakat yang ingin memilih KUA sebagai tempat pelaksanaan pernikahan, diantaranya kalau dilaksanakan di KUA bisa lebih ringkas, dan hemat biaya.

Kepala KUA Kecamatan Amuntai Tengah Drs. H. Eddy Mabhani mengatakan pelaksanaan pernikahan bisa dilakukan di kantor KUA atau di rumah mempelai perempuan atau tempat lain di luar kantor KUA.

Pihaknya selaku yang berwenang untuk menikahkan pasangan yang ingin menikah, bersedia memenuhi permintaan tempat untuk pelaksanaan pernikahan sesuai dengan peraturan yang diberlakukan.

Namun untuk saat ini pernikahan di KUA lebih banyak jika dibandingkan dilakukan tempat lain diluar KUA.

Ditambahkan Edyy Mabhani, saat ini untuk petugas yang diperbolehkan menikahkan berdasarkan peraturan terbaru, untuk lingkungan KUA Amuntai Tengah hanya terdapat satu orang yakni hanya Kepala KUA sendiri.   Hal ini dikarenakan tidak adanya tenaga fungsional penghulu yang ditugaskan di KUA Amuntai Tengah.  Sehingga diakuinya, sering kewalahan melayani permintaan pernikahan terlebih di bulan Dzulhijjah seperti saat ini (Diskomonfo/Agus).

2 Comments

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara