Jumat, 24 Mei 2019
Umum

PARA KEPALA DESA DI BABIRIK PENASARAN DENGAN FASILITAS PELATIHAN LPK SEMITRA

Amuntai – Lembaga Pelatihan Kerja Sentra Mitra Karya (LPK Semitra) Amuntai kembali melaksanakan sosialisasi peningkatan kualitas dan produktivitas SDM pelatihan keterampilan melalui pemberdayaan masyarakat desa yang kali ini dilaksanakan di Kecamatan Babirik, Selasa (4/3).

Para Kepala Desa yang hadir di Aula Kecamatan antusias menanyakan fasilitas yang disediakan pihak LPK Semitra untuk pelatihan meubel aluminum, las, tata boga, dan lainnya.

Pimpinan LPK Semitra Amuntai Khairunnisa menjelaskan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh desa apabila menjalin kerjasama kemitraan dengan LPK Semitra.

“Kita menyediakan peralatan untuk praktik pelatihan dengan biaya yang sewajarnya, sehingga peserta warga desa yang ikut pelatihan bisa langsung mempraktikkannya sampai terampil,” ujar Khairunnisa.

Khairunnisa mengatakan, masyarakat desa mungkin bisa saja menyewa atau menyediakan sendiri peralatan praktik pelatihan, namun hal itu akan merepotkan dan juga belum tentu sesuai dengan standar yang dibutuhkan untuk praktik.

Tujuan LPK Semitra menyediakan langsung sarana dan prasarana pelatihan agar para peserta nanti bisa secara mandiri mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan, sehingga ketika lulus pelatihan bisa mandiri kerja membuka usaha atau bekerja dengan orang lain.

Melalui kegiatan sosialisasi ke berbagai kecamatan termasuk Babirik, pihak LPK Semitra Amuntai selaku lembaga pelatihan swasta bersertifikasi resmi menawarkan kerjasama program pemberdayaan masyarakat bagi pemerintah desa. Pemerintah desa bisa mengalokasikan anggaran pelatihan kerja melalui APBDes termasuk melalui pengelolaan dana desa.

Kembali diinformasikan bahwa di 2017 sudah sebanyak 30 desa di HSU yang bekerja sama dengan LPK Semitra, pada 2018 bertambah 21 desa lagi dengan total sertifikat kerja yang sudah dikeluarkan mencapai 1.277 sertifikat khusus pelatihan kerja yang bermitra dengan pemerintahan desa.

Kepala Desa Kalumpang Luar Darmansyah menyambut positif adanya ajakan kerjasama kemitraan dari LPK Semitra, karena ia menyadari program pemberdayaan masyarakat telah dianjurkan oleh Kementerian dan Bupati HSU.

“Kami mengimbau rekan-rekan Kepala Desa se-Kecamatan Babirik agar bisa mengalokasikan anggaran untuk pelatihan kerja bekerjasama dengan LPK Semitra,” ujarnya.

Pihak LPK Semitra masih akan melanjutkan sosialisasi kerjasama ini ke beberapa kecamatan lagi agar semua desa di Kabupaten HSU bisa melaksanakan kegiatan pelatihan kerja tersebut melalui program pemberdayaan masyarakat.

Bagi Kepala Desa yang berminat melaksanakan pelatihan bisa mengajukan surat permohonan kepada LPK Semitra di Jalan Bihman Villa Rt. 08 No. 25 Kelurahan Antasari Kecamatan Amuntai Tengah, Telepon (0527) 6060-133, HP 0852 3415 3853. (Diskominfo/Eddy Abdillah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!