Jumat, 24 Mei 2019
Kesehatan

PEMKAB HSU GELAR OPERASI KATARAK GRATIS

AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Kesehatan menggelar Operasi Katarak Massal secara Gratis, bertempat di RSUD Pambalah Batung Amuntai, Minggu (5/5).

Operasi Katarak Massal kali ini diikuti 70 pasien dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati HSU, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai, Perwakilan Polres HSU, Perwakilan Dandim 1001 Amuntai, Dokter Spesialis Mata dari Surabaya, serta para pasien dan keluarga.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Dinas Kesehatan dan juga berbagai pihak atas terlaksananya operasi katarak massal ini.

“Dalam rangka membantu saudara-saudara kita yang mengalami katarak dan membantu mereka dalam menanggulangi dan mencegah dari kebutaan dengan memberikan pelayanan operasi katarak secara gratis,” ungkapnya.

Wahid juga menjelaskan bahwa katarak adalah kekeruhan lensa secara alami sehingga menyebabkan berkurangnya kemampuan penglihatan yang bisa menyebabkan kebutaan. “Bahkan katarak apabila tidak dilakukan tindakan maka akan dapat menyebabkan peradangan bola mata, glaukoma, dan kebutaan menetap,” lanjutnya.

Wahid berharap kegiatan operasi katarak massal ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib serta memberikan manfaat yang besar khususnya bagi peserta operasi katarak massal ini.

Ahmad, salah seorang peserta operasi katarak massal mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, karena dengan adanya bakti sosial operasi katarak massal ini dirinya merasa sangat terbantu.

“Kami yang dulunya sulit untuk melihat atau membaca sesuatu, setelah mengikuti operasi ini diharapkan kami semua dapat melihat dengan jelas dan di bulan Ramadhan nanti kami dapat membaca Al-Qur’an lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan dari Bupati HSU kepada salah satu Dokter Spesialis Mata dari Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako secara simbolis dari Bupati HSU untuk perwakilan peserta operasi katarak massal. (Diskominfo/Jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!