Rabu, 26 Juni 2019
Pendidikan

PEMKAB HSU GELAR PELATIHAN 10 KETERAMPILAN BERBASIS KOMPETENSI

Amuntai – 176 peserta mengikuti Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Penananam Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker), bertempat di Balai Latihan Kerja, Senin (15/10).

Menurut Kepala DPMPTSP dan Naker HSU M. Syarif F. Noor, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berbasis kompetensi serta meningkatkan profesionalisme dan daya saing tinggi untuk siap kerja, sehingga bisa memenuhi pasar kerja atau mungkin bisa membuka lapangan kerja untuk diri sendiri bahkan untuk orang lain.

Kegiatan dilaksanakan dari 15 Oktober sampai 29 November tahun 2018 dengan jumlah waktu 220 jam pelajaran. Ada 10 Paket Kejuruan yang ditawarkan, antara lain Komputer Dasar, Teknisi Komputer, Menjahit/Tata Busana, Menjahit Busana Wanita Tingkat Lanjut, Instalasi Penerangan, Las Listrik, Mekanik Mobil, Mekanik Sepada Motor, Processing/Tata Boga, dan Maubelair Alumunium. Metode pelatihan dibagi menjadi 2, yaitu teori dan praktek langsung.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 176 orang yang terdiri dari 119 pria dan 57 perempuan untuk 10 paket kejuruan program pelatihan, dan setiap 1 paket diikuti 16 orang.

“Sebelumnya, ada 318 orang yang mendaftar pelatihan sebelum terseleksi menjadi 176 orang,” ungkap Syarif.

Bupati HSU, H. Abdul Wahid HK, menyambut baik terlaksananya kegiatan Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi kali ini, karena materi kerja yang disediakan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja, khususnya di daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang masih kurang.

Wahid juga mengapresiasi kepada peserta pelatihan ini, karena diikuti kalangan anak muda yang ingin mengikuti kegiatan ini dengan baik dan semangat.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran, dan juga para peserta nantinya bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri,” harap Wahid.

Dalam kesempatan ini, Wahid juga meninjau seluruh tempat dan fasilitas praktik masing-masing kejuruan yang akan digunakan oleh peserta pelatihan. (Diskominfo/ricky/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!