Senin, 14 Oktober 2019
Pemerintahan

PEMKAB HSU GELAR PEMBINAAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Pembinaan Pengadaaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2019, bertempat di Gedung Agung HSU, Senin(25/2).

Sebanyak 160 peserta dari seluruh SKPD ikut serta dalam kegiatan ini, dengan menghadirkan narasumber Samsul Ramli, Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Banjar.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah HSU H. Syaifullah menyampaikan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari 25 – 27 Februari 2019 dengan materi Peraturan Presiden nomor 26 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa, penggunaan Aplikasi Rencana Umum Pengadaan (RUP) versi 2.3, dan penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4.3.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman proses pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya proses perencanaan pengadaan sesuai peraturan yang berlaku. Diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran dan pejabat pengguna anggaran dalam aplikasi sistem pengadaan,” ujar Syaifullah.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati HSU yang diwakili Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi kegiatan pembinaan pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan oleh Pemkab HSU melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa ini.

“Dalam pengadaan barang dan jasa kadang terkendala teknis maupun non teknis, sehingga diharapkan dengan adanya bimbingan teknis ini, pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara berjalan dengan lancar,” kata Taufik.

“Diberlakukannya Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa, Pemkab HSU mendorong untuk mewujudkan “value for money” pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sesuai pasal 69, dimana penyelenggaraan pengadaan barang/jasa dilakukan secara elektronik. Penyelenggaraan tersebut menggunakan sistem informasi yang terdiri dari Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem pendukungnya,” lanjutnya.

Menurutnya, perlu disiapkan sumber daya manusia mulai dari pengguna anggaran, penguasa pengguna anggaran, dan pejabat pembuat komitmen yang harus mengetahui dan memahami betul bagaimana perencanaan dari pengadaan barang dan jasa.

“Diharapkan semua pejabat terkait pengadaan dapat mengetahui tahapan-tahapan maupun alur sehingga pengadaan barang/jasa akan jelas, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan,” harapnya. (Diskominfo/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!