Kamis, 16 Agustus 2018
Kesehatan

PEMKAB HSU JAMIN PELAYANAN KESEHATAN BAGI WARGA KURANG MAMPU

 

Amuntai – Dari 226.000 jiwa penduduk Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), baru 129.821 jiwa yang sudah terlayani BPJS kesehatan.

“Masih cukup banyak penduduk yang belum tercover,” kata Bupati HSU H. Abdul Wahid saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama Kepala Desa, Selasa (5/6).

Pemkab HSU mengestimasi 30 persen masyarakat yang mengharapkan layanan BPJS mandiri. Namun pada tahun ini dianggarkan Rp. 1 miliar untuk Kartu Sehat Amuntai (KSA) yang akan langsung dikoneksikan dengan BPJS pusat.

Menurut Wahid, anggaran Rp. 1 miliar tersebut dinilai masih kurang, sehingga akan ditambah pada APBD perubahan 2018.

Seiring dengan itu, Bupati HSU meminta agar Kepala Desa merekap data masyarakat kurang mampu untuk dimasukkan dalam jaminan kesehatan daerah yang nanti dikoneksikan ke BPJS nasional. Data ini penting agar pemda bisa menyimpulkan kondisi masyarakat, sehingga bisa disinkronkan dengan data dan program di Dinas Sosial.

Wahid menegaskan, kalau ditemukan warga miskin yang perlu pengobatan, silakan Kepala Desa membawa langsung ke rumah sakit, sembari menindaklanjuti berkas administrasinya.

“Jangan ada lagi cerita masyarakat kurang mampu tidak mendapatkan layanan kesehatan, termasuk ibu hamil,” tegas Wahid.

Pemkab HSU tidak akan membayarkan semua layanan BPJS, tetapi Bupati menjamin warga yang kurang mampu dapat terlayani BPJS. (Diskominfo/eddy/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!