Senin, 21 Oktober 2019
Kebangsaan

PEMKAB HSU PERINGATI HARI PAHLAWAN DAN HARI KESEHATAN NASIONAL

 

Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memperingati Hari Pahlawan ke-73 sekaligus Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018, bertempat di halaman Kantor Bupati, Senin (12/11).

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti unsur Forkopimda, pegawai di lingkungan Pemkab HSU, Polres HSU, Kodim 1001 Amuntai, pelajar/mahasiswa, organisasi wanita, dan organisasi kepemudaan.

Dalam kesempatan itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI. Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan hanya sebagai prosesi, peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan tema Semangat Pahlawan di Dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara. Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” pesannya.

Selanjutnya, dalam amanat Menteri Kesehatan RI yang juga dibacakan oleh Bupati HSU menyatakan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Mengubah pola hidup kearah promotif-preventif dengan menekankan pada prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

“Dalam kesempatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 yang bertepatan dengan 4 (empat) tahun Pemerintahan Jokowi-JK, kita patut bersyukur bahwa berbagai program Kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan,” kata Menteri Kesehatan.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh insan kesehatan baik di jajaran Kementerian Kesehatan maupun di tingkat daerah agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan, serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan lukisan pahlawan nasional asal Kabupaten Hulu Sungai Utara KH. Idham Chalid oleh Dandim 1001 Amuntai kepada Bupati HSU. Lukisan tersebut merupakan hasil karya dari putra Hulu Sungai Utara, Bapak Haitami, melalui kegiatan lomba lukis yang digelar oleh Kodim 1001 Amuntai dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2018.

Selain itu juga, juga dilakukan penyerahkan penghargaan untuk tenaga kesehatan tahun 2018 dan penyerahan mobil kesehatan oleh Bupati HSU. (Diskominfo/tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!