Rabu, 17 Oktober 2018
Umum

PENGUNGSI BENCANA PALU TIBA DI HSU

Amuntai – Pengungsi akibat bencana gempa dan tsunami di Palu sebanyak 1 keluarga tiba dengan selamat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (9/10).

Difasilitas tim relawan HSU peduli Palu, kedatangan Makhdalena beserta keluarga dijemput oleh tim di pelabuhan Semayang Balikpapan, dan kini sudah tiba di Kabupaten HSU.

Diketahui, Makhdalena merupakan warga asli Kabupaten HSU, yakni di Desa Muara Tapus Rt. 4 Kecamatan Amuntai Tengah yang memiliki suami asli dari Palu.

Saat ditemui, Makhdalena menceritakan pengalamannya saat terjadinya gempa bumi di Palu. Ia menerangkan, pada beberapa hari sebelum terjadinya bencana, gempa sudah mulai terasa di berbagai wilayah di Palu, termasuk lokasi tempat dirinya tinggal. Pada tanggal 28 September 2018, bencana tersebut menghancurkan bagian dapur rumahnya, dan pada bagian depan rumahnya mengalami retak-retak.

Selanjutnya, setelah terasa goncangan yang begitu kuat, dia beserta anak langsung berlarian keluar rumah unuk menyelamatkan diri dan sementara tidur di jalan karena takut terjadi lagi gempa susulan.

Dirinya mengucap syukur karena pada saat terjadi tsunami, posisi tempat dirinya tinggal terhalang oleh bangunan –bangunan besar dan tinggi, sehingga dia bersama keluarga dan masyarakat lainnya selamat.

Takut kembali terjadi gempa dan tsunami lagi, Makhdalena bersama warga lainnya mengungsi ke atas gunung. Selama di pengungsian, bantuan terus berdatangan seperti bahan makanan dan sebagainya.

Dirinya mengucap syukur termasuk korban selamat pada bencana tersebut, akan tetapi merasa kasihan dengan para warga lainnya yang masih berada di sana karena tidak adanya keluarga. (Diskominfo/dody)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!