Senin, 14 Oktober 2019
Umum

PERINGATAN HARI BUKU SEDUNIA, RIBUAN ANAK DI HSU IKUTI AMUNTAI BERDONGENG

AMUNTAI – Kurang lebih 1800 anak dari Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) hadir dalam acara “Amuntai Berdongeng” dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia dengan tema “Menjadikan Buku Sebagai Sahabat Anak Hulu Sungai Utara”, bertempat di Bundaran Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Kamis (25/4).

Acara Amuntai Berdongeng kali ini menghadirkan Kak Awam Prakoso dari Jakarta, Master Dongeng Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pembina Kampung Dongeng Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Kak Awam selaku pendongeng menceritakan dongeng klasik dan modern yang memberikan pesan dalam setiap ceritanya. Ia juga mengajak anak-anak bernyanyi dan menirukan suara-suara unik seperti suara binatang, suara terompet, dan suara unik lainnya yang menambah suasana ceria pada anak anak.

Tidak hanya sambil bercerita, Kak Awam juga membagikan hadiah hiburan untuk anak-anak, seperti boneka, alat tulis, dan alat minum.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU Hj Lailatanur Raudah mengatakan, kegiatan ini salah satu program kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU, sekaligus memperingati Hari Buku Sedunia.

Di samping itu, Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid menyampaikan kepada para orang tua agar meningkatkan minat baca dan berdongeng kepada anak-anak, karena di setiap dongeng mengandung pesan-pesan moral yang disampaikan pada anak-anak.

Anisah juga mengingatkan agar anak-anak mengurangi penggunaan gadget, karena banyak sekarang anak-anak yang sudah kecanduan gadget, sehingga sangat mempengaruhi tingkat IQ anak.

Anisah juga berpesan kepada semua guru-guru PAUD diharapkan melaksanakan tugasnya dengan senyum, ramah, dan kasih sayang.

Senada dengan itu, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi menyampaikan, melalui kegiatan yang sangat positf dan inspiratif ini, semua dapat menambah dan meningkatkan wawasan, pengalaman, dan keterampilan dalam mendongeng bagi anak-anak, baik di sekolah maupun di rumah, dalam rangka meningkatkan dan membangun kualitas kecerdasan anak melalui mendongeng.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan komitmen kita bersama khususnya para orang tua agar memiliki perhatian yang serius dan dapat meluangkan waktunya untuk mendongeng atau membacakan buku dongeng bagi anak-anak,” harap Husairi.

“Mendongeng dan membacakan buku dongeng bagi anak-anak di usia dini memiliki manfaat yang sangat penting dalam rangka merangsang tumbuh kembang anak, agar kelak menjadi generasi yang cerdas, memiliki daya saing tinggi, dan memiliki ahlak yang mulia,” pungkasnya. (Diskominfo/ricky)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!