Senin, 21 Oktober 2019
Kebangsaan

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA, MOMEN PENGINGAT PEMBANGUNAN KEPEMUDAAN BERKUALITAS

Amuntai – Bangun Pemuda, Satukan Indonesia. Itulah tema yang diangkat dalam Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 pada tahun 2018. Tema tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itulah yang tertuang dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK saat menjadi pembina dalam peringatan Sumpah Pemuda ke-90 yang digelar oleh Pemkab HSU, bertempat halaman Bupati HSU, Senin (29/10).

“Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wahid juga mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-90. “Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT-Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua,” ucapnya.

Upacara ini diikuti unsur Forkopimda, pegawai di lingkup Pemkab HSU, pelajar/mahasiswa, dan organisasi kepemudaan se-Kabupaten HSU. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!