Senin, 21 Oktober 2019
Agama

POKJALUH DAN FK PAI DIHARAPKAN MEMILIKI KOMPETENSI MEMBIMBING UMAT

AMUNTAI – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) dan Forum Komunikasi Pendidikan Agama Islam (FK PAI) diharapkan memiliki kompetisi dan kemampuan dalam memberikan bimbingan arahan terhadap umat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H Yusran saat membuka secara resmi pengukuhan Pokjaluh, FK PAI periode 2019 – 2022, dan rapat kerja daerah, bertempat di Aula Kemenag HSU, Rabu (24/7).

Yusran mengatakan, dalam membina umat, berbagai macam bisa dilakukan dengan cara seperti majelis taklim, pengajian Al-Qur’an, dan pembinaan macam lainnya yang menjadikan tempat itu masyarakatnya menjadi aman, nyaman, tenang, dan senang melakukan kebaikan.

“Kebaradaan kita di masyarakat itu diharapkan memberikan warna yang positif,” sambungnya.

Menurut Yusran, profesi penyuluh di Kementrian Agama dapat dikatakan sebagai jabatan yang dekat dengan masyarakat, karena dikenal sebagai pihak yang melakukan mengembangkan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama untuk membangun pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai keluhuran keutamaan dan kebaikan yang terkandung dalam ajaran agama Islam.

“Penyuluh juga bertangung jawab dalam pembangunan ahlak umat sehingga terbentuklah kedamaian di tengah masyarakat kita. Untuk penyuluh agama Islam mutlak memiliki pengetahuan cukup untuk memahami setiap tugas dan fungsinya, sehingga penyuluh agama Islam lebih tahu dan dapat menjelaskan perihal kualitas kehidupan beragama di masyarakat kita,” ujarnya.

Yusran berharap kepada seluruh penyuluh agar lebih aktif membimbing umat khususnya anak dan remaja, seperti diketahui anak dan remaja mudah terpengaruh tren jaman sekarang yang belum tentu sesuai dengan ajaran agama islam.

“Itu akan menjadi tantangan bagi para penyuluh untuk membimbing mengarahkan ke jalan lebih benar,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Haris Rosiannor menyampaikan, jumlah yang ikut pengukuhan Pokjaluh dan Forum Komunikasi PAI periode 2019 – 2022 di HSU sebanyak 31 orang.

“Untuk kelompok kerja penyuluh dilantik 18 orang berstatus ASN dan 13 orang pengurus FK PAI berstatus non ANS atau honorer,” tambahnya. (Diskominfo/ricky/utam)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!