Rabu, 23 Oktober 2019
Umum

POLRES HSU GELAR UPACARA HUT KE-73 BHAYANGKARA

AMUNTAI – Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar upacara HUT ke-73 Bhayangkara di halaman kantor Mapolsek Amuntai Kota, Rabu (10/7).

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan yang bertindak selaku inspektur upacara serta diikuti oleh jajaran Polres HSU, Kodim 1001 Amuntai-Balangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta Pramuka Kabupaten HSU.

Dalam sambutan tertulis Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dibacakan Kapolres AKBP Ahmad Arif Sopiyan, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

“Kami bersyukur, sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang. Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri selama 3 tahun terakhir melalui Program Promoter, dititikberatkan pada 3 kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media.

Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif,” sambungnya.

Sementara manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisir berita negatif, termasuk hoax dan ujaran kebencian.

Tiga tahun implementasi Program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat.

“Kami selaku Polri dan tentunya TNI, memiliki visi yang sama untuk terus menjaga stabilitas Kamtibmas, menuntaskan tahapan Pemilu 2019, hingga momentum pelantikan pada Oktober 2019 mendatang. Juga memelihara stabilitas keamanan dalam negeri pasca pelantikan, sehingga Pemerintah dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pendapatan nasional,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Dandim 1001 Amuntai Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Ketua DPRD HSU, para pejabat Forkompinda di lingkungan Pemkab HSU, tokoh agama, dan masyarakat serta para ibu-ibu Bhayangkari. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!