Senin, 14 Oktober 2019
Keamanan

POSKAMLING KELURAHAN KEBUN SARI IKUTI LOMBA TINGKAT PROVINSI KALSEL

AMUNTAI – Pos Keamanan Lingkungan atau Poskamling warga RT 1 Jalan Patmaraga Kelurahan Kebun Sari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima kunjungan tim penilai dalam ajang tahunan lomba Poskamling terbaik tingkat provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (1/8) petang.

Sekretaris Satpol-PP HSU Jumadi yang didampingi Lurah Kebun Sari, mengaku bersyukur dapat mengikutsertakan Poskamling RT 1 Kelurahan Kebun Sari dalam lomba Poskamling tingkat provinsi Kalsel yang digelar Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikatakannya, sudah sejak semula Bupati memberikan perhatian terhadap keamanan lingkungan, agar Poskamling dapat dijadikan ujung tombak guna peningkatan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat.

“Karenanya kebutuhan poskamling harus benar-benar dirasakan, berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat, dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat,” ujar Jumadi di sela-sela kegiatan tersebut.

Dirinya menambahkan, setelah dilantiknya anggota Linmas yang berjumlah ribuan orang di seluruh wilayah Kabupaten HSU oleh Bupati, ia berharap para anggota Satlinmas dapat menyebar dan ditempatkan di beberapa poskamling di daerahnya masing-masing.

Ia berujar, keberadaan poskamling ini akan ditingkatkan keberadaan khususnya dari segi kegiatan siskamling.

“Karena manfaatnya positif bisa kita rasakan, masyarakat dapat berkumpul, teroganisir, ada pembagian tugas juga, dengan tujuan menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan; misalnya ada bencana, poskamling bisa memberikan sinyal,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tim penilai dari Satpol-PP Provinsi Kalsel Maulana menuturkan, sebagai agenda rutin tahunan atas inisiatif Gubernur, lomba ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing.

“Lomba ini kami adakan di 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, dengan kategori poskamling di wilayah pedesaan dan kategori di wilayah Kelurahan,” kata Maulana.

Dirinya menyebut, penilaian lomba poskamling ini lebih menekankan kepada aspek penilaian partisipasi masyarakat, kordinasi dengan aparat, baik dengan Babinsa, Babinkamtibma, maupun satgas Linmas serta koordinasi dengan Satpol-PP sebagai pembina Linmas dan Poskamling,” pungkasnya.

Di samping Poskamling RT 1 Kelurahan Kebun Sari yang mewakili Kabupaten HSU dalam kategori poskamling di wilayah kelurahan, Poskamling Desa Teluk Masjid Kecamatan Sungai Pandan (Alabio) juga mewakili HSU dalam kategori poskamling di wilayah pedesaan yang akan memperebutkan piala bergilir Gubernur Kalimantan Selatan. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!