Senin, 21 Oktober 2019
PemerintahanTeknologi

POSYANTEK DESA, UPAYA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Amuntai – Dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan langkah cepat dalam pengembangan teknologi tepat guna (TTG) di desa melalui pembentukan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa yang diawali dengan Sosialisasi Posyantek Desa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui keterampilan dan kemampuan dalam wawasan teknologi yang diwadahi dalam posyantek desa. Mellui kegiatan ini diharapkan 214 desa di Kabupaten HSU dapat menerapkan teknologi tepat guna melalui posyantek desa. Selain itu juga diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan dana desa di bidang pemberdayaan masyarakat.

Sosialisasi Posyantek ini dilaksanakan secara bertahap pada 4 (empat) Kecamatan, yaitu Kecamatan Danau panggang pada tanggal 20 Februari 2018, Kecamatan Sungai Pandan pada tanggal 21 Februari 2018, Kecamatan Paminggir pada tanggal 22 Februari 2018, dan terakhir di Kecamatan Amuntai Utara pada tanggal 26 Februari 2018. Sumber dana kegiatan berasal dari APBD tahun 2018 melalui DPA Dinas PMD Kabupaten HSU.
Bertindak sebagai narasumber pada sosialisasi ini adalah H. Subeli, S.Pd., M.Pd dari Dinas PMD Kabupaten HSU, Yulius Kisworo, S.Pi., M.Si dari Program P3MD Kabupaten HSU, dan praktisi M. Yusuf, S.Ag dari Posyantek Mandiri Kecamatan Sungai Pandan.

Melalui kegiatan ini diharapkan desa-desa di Kabupaten HSU dapat terpacu dalam pembentukan Posyantek, sehingga pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa (Diskominfo/ Yulius Kisworo).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!