Selasa, 25 September 2018
Pemerintahan

PPKD DIMINTA JALIN KERJASAMA DENGAN PPS

Amuntai – Sebanyak 219 Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PPKD) se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), hari ini Kamis (12/4) resmi dilantik. Pelantikan yang bertempat di Aula Kantor Bappelitbang HSU ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji serta pernyataan pakta integritas yang dipandu Ketua Panwascam Babirik Haris Fadillah.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Iwan Setiawan, MP meminta seluruh PPKD untuk mensosialisasikan diri di setiap kelurahan dan desanya, sehingga masyarakat dapat mengetahui keberadaan PPKD pada Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten, serta Pemilihan Presiden 2019.

“Selepas acara ini, segera beritahukan kepada mitra kita seperti PPS, Pemerintah Kelurahan dan Desa, hingga tokoh masyarakat,” pintanya.

Selanjutnya Iwan yang masih memiliki darah Amuntai ini berpesan agar PPKD mengedepankan kerjasama dalam menyukseskan Pemilu, serta tidak arogan dan merasa paling bisa atau berwenang di masyarakat. Sangat tidak dibenarkan PPKD menjadi aktor terjadinya gesekan dengan PPS atau masyarakat lainnya.

“Kita bermitra dan bersahabat dengan PPS, maka jalin dan ciptakanlah kebersamaan demi pemilu yang lancar untuk menghasilkan anggota DPR, DPD, DPRD, maupun Presiden pilihan rakyat,” tegasnya.

“Jangan pernah berpikir paling bisa, paling penting dan paling bertanggung jawab, tapi bekerjalah dengan baik, lakukan secara profesional, galilah data, kedepankan fakta,” tambahnya lagi.

Senada dengan Iwan, Ketua Panwaslu HSU Drs. Sardani mengharapkan setiap PPKD dalam mensosialisasikan diri harus beretika dan mengedepankan tata krama.

Setiap PPKD terlibat sesuai aturan dalam setiap tahapan pemilu, terutama pantarlih. PPKD harus mencermati dan memastikan agar pemilih yang memiliki hak memilih terdaftar, agar tidak ada lagi pemilih yang sudah meninggal dunia ada dalam daftar pemilih.

“Ingat, sosiliasasikan diri, lakukan kerjasama, tugas sudah ada didepan mata,” pesannya.

Agar PPKD dapat melaksanakan tugasnya, dalam waktu dekat nanti akan diberikan pembekalan mengenai tugas dan wewenang, tata cara pengadministrasian, hingga pengetahuan hukum. (Diskominfo/tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!