Selasa, 7 April 2020
Umum

PPTKP TAHAP PERTAMA DIMULAI

AMUNTAI – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas (PPTKP) tahap I tahun anggaran 2020, bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Amuntai. Kegiatan yang diikuti sebanyak 96 peserta ini akan berlangsung selama kurang lebih 32 hari.

Menurut Plt Kepala BLK Amuntai Ahmad Noor Ilmi, dalam pelatihan tahap pertama yang anggarannya bersumber dari APBN ini, dilaksanakan lima jurusan kegiatan pelatihan, yakni garmen apparel, teknik otomotif, teknik las/welding, teknologi informasi dan komunikasi, dan teknik listrik.

Kepala DPMPTSP-Naker HSU M Syarif F Noor menjelaskan, pelatihan kerja ini bertujuan memberikan tenaga kerja yang memiliki basis kompetensi, professional, dan punya daya saing tinggi, sehingga bisa memenuhi pasar kerja atau mungkin bisa membuka lapangan kerja sendiri bahkan untuk orang lain.

“Kalau mereka punya keterampilan dan komptensi, mereka akan siap pakai dalam dunia kerja. Bahkan perusahaan yang mencarinya. Mereka juga bisa mandiri membuka usaha. Inilah keberadaan BLK, membantu pemda dalam menyelesaikan masalah ketenagakerjaan, agar masyarakat hidupnya sejahtera,” kata Syarif..

Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat membuka secara resmi kegiatan ini, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini. Menurut Wahid, salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan saat ini adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat terjadinya pengangguran.

“Masalah pengangguran ini adalah masalah kita dan menjadi tanggung jawab pemerintah , swasta, maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab, pemerintah telah banyak upaya yang dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja yang dilaksanakan dari hari ini,” kata Wahid.

“Melalui program berbasis kompetensi ini mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dan diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga setelah pelatihan ini memiliki kompetensi produktivitas sesuai dengan kemampuannya masing-masing,” harapnya.

Hadir dalam pembukaan program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas (PPTKP) tahap I tahun anggaran 2020 ini Kasubag Kepegawaian dan Umum Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi, Dulhani. (Diskominfo/nata/jimy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!