Senin, 25 Maret 2019
Pemerintahan

PRA MUSRENBANG SOROTI TINGKAT KEMISKINAN, PENDIDIKAN, DAN KESEHATAN

Amuntai – Kegiatan Pra Musrenbang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyoroti berbagai hal, di antaranya tingkat kemiskinan, pendidikan, dan bidang kesehatan.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan dalam Pra Musrenbang tingkat Kecamatan Haur Gading RKPD Tahun 2020, Kamis (10/1). Menurut Plt. Camat Haur Gading M. Syarif F. Noor, masalah yang menjadi perhatian di wilayahnya tersebut harus mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah.

“Pertama, berdasarkan data dari sekitar 5000 keluarga, ada 3500 yang masih tergolong keluarga miskin. Jadi ini yang perlu kita pikirkan bersama-sama untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Kedua, terkait pendidikan sudah tersedia dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi; prioritas kita adalah mutu dan profesionalisme di tingkat pendidikan, salah satunya dengan meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan. Ketiga, yaitu kesehatan, saat ini sudah tersedia puskesmas di kecamatan, puskesdes di desa, dan posyandu; diimbau untuk lebih meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan lebih meningkatkan lagi kinerja petugas kesehatan di puskesmas,” jelas Syarif.

Ketua DPRD HSU H. Sahrujani sangat mengapreasiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini, karena menurutnya sangat mendukung program pemerintahan dalam menjalankan infrastruktur dari segi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rijali Hadi berharap melalui perencanaan yang bagus akan menghasilkan pencapaian yang maksimal.

“Pada hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan di desa. Musrenbang ini merupakan lanjutan kegiatan musyawarah desa. Kami sudah berkeliling di 47 Desa di Kabupaten HSU. Tujuannya agar pembangunan desa sesuai dengan harapan. Dukungan dari pemerintah daerah berupa dana desa sudah termasuk dalam anggaran tahun 2019, dana desa sebagai pemicu agar desa bisa memiliki pemdapatan tersendiri. Kemudian ada dukungan lain seperti koperasi dan pemberdayaan sumber daya alam,” kata Rijali Hadi.

Usulan perencanaan pembangunan tahun 2020 dari seluruh desa di Kecamatan Haur Gading ada 80 kegiatan, dengan prioritas daerah berupa pengembangan wilayah, tata ruang, dan lingkungan hidup, dengan pagu berjumlah Rp. 83.436.000.000,-.

Sementara itu, Plt. Kepala Bappelitbang HSU H. M. Haridi menjelaskan, secara umum prioritas daerah Hulu Sungai Utara adalah bidang ekonomi, bidang sosial budaya, dan bidang infrastruktur.

“Output kita adalah tercapainya segala kegiatan dengan seleksi terlebih dahulu untuk dijadikan prioritas. Usahakan kegiata yang dilakukan adalah pembangunan lintas desa, tapi kalau pembangunan jembatan, jalan itu sudah menjadi kewenangan Kabupaten. Setiap usulan harus sejalan dengan kegiatan di Kabupaten,” imbuhnya. (Diskominfo/ikhsan/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!