Kamis, 16 Agustus 2018
Kesehatan

PUSKESMAS PASAR SABTU GELAR SOSIALISASI IMUNISASI MR

Amuntai – Puskesmas Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Sosialisasi Imunisasi Campak dan Rubella atau Measles dan Rubella (MR), Selasa (26/6).

Sosialisasi yang bertempat di aula setempat melibatkan pihak kecamatan dan seluruh kepala desa beserta kader hingga tokoh masyarakat. Diharapkan menjadi langkah bersama dalam menyukseskan pelaksanaan imunisasi pada bulan Agustus dan September mendatang.

Noraini dari Kecamatan Sungai Tabukan menyambut gembira kegiatan tersebut. ASN ini menyatakan dukungan penuhnya dan berharap seluruh pihak seperti Kepala Desa, kader, dan tokoh masyarakat dapat terlibat nantinya.

“Kami sangat mendukung program ini. Apalagi imunisasi MR sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kualitas generasi penerus kita,” ucapnya.

Sementara itu, juru bicara puskesmas Pasar Sabtu, Haderiyani, membeberkan keganasan penyakit Campak dan Rubella.

Penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian. Sedangkan Rubella menyebabkan kelainan jantung, mata, pendengaran, keterlambatan perkembangan, dan kerusakan jaringan otak. Bisa juga menulari ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Akibatnya dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Adapaun penularannya terbilang cukup mudah yakni melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Umumnya menyerang anak dan orang dewasa yang belum pernah diimunisasi.

“Untuk itu, imnunisasi merupakan langkah yang paling tepat dan mudah, karena dilaksanakan di setiap posyandu maupun sekolah secara gratis,” terangnya. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!