Kamis, 22 Agustus 2019
Agama

RATUSAN JAMAAH HAJI HSU TAHUN 2019 IKUTI BIMBINGAN MANASIK HAJI

AMUNTAI – Ratusan jamaah calon haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti pembukaan bimbingan manasik massal jamaah calon haji, bertempat di ruang induk Masjid Sabillal Mutaqqin Amuntai, Kamis (20/6).

Dalam laporan Kepala Kementrian Agama Kabupaten (HSU) H. Yusran, jumlah jamaah calon haji Hulu Sungai Utara yang terpilih untuk berangkat tahun 2019 ini berjumlah 256 orang.

Jamaah calon haji yang berangkat sebanyak 256 orang kloter 6 gelombang pertama, terdiri dari 103 laki-laki, 153 perempuan, dengan usia termuda calon haji 20 tahun atas nama Nelly Andrerani Mahrudi dari Kecamatan Amuntai Utara dan tertua 95 tahun atas nama Hadijah Dullah Tanda dari Kecamatan Paminggir.

Yusran mengungkapkan, jamaah calon haji di Hulu Sungai Utara yang masih menunggu antrian untuk berangkat ke tanah suci sampai saat ini berjumlah 9.705 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Yusran juga berpesan kepada jamaah calon haji untuk selalu bisa hadir dalam kegiatan bimbingan manasik yang akan diselenggarakan oleh pemerintah daerah dalam 10 kali kegiatan manasik; 8 kali di tingkat kecamatan, 2 kali di tingkat kabupaten.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi yang hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan manasik haji ini adalah untuk mendalami pengatahuan dan kemandirian para calon haji agar tidak tarlalu bergantung kepada petugas pendamping dan jamaah lain.

Fahri juga berpesan kepada jamaah calon haji untuk selalu menjaga kerjasama dan kekompakan kepada sesama jamaah yang lain.

Bimbingan manasik massal jamaah calon haji kali ini dibuka oleh Bupati HSU yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Supomo. Dalam sambutannya, dirinya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas terlaksananya manasik haji masaal tahun 2019.

“Kegiatan ini sudah tentu sangat bermanfaat bagi jamaah calon haji dalam rangka membekali diri, menambah wawasan, dan pengetahuan agama tentang tata cara pelaksanaan haji sesuai dengan syariat islam,” ujar Supomo.

Supomo juga mengucapkan selamat kepada para calon jemaah haji yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Untuk para jamaah calon haji diharapkan untuk mempersiapkan diri, baik persiapan fisik maupun mental dan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji,” pesannya.

Supomo juga berpesan kepada para jamaah calon haji untuk mengikuti kegiatan manasik ini secara sungguh sungguh.

“Jamaah calon haji diharapkan bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan haji yang nanti akan terus diterapkan di kehidupan sehari hari,” pungkasnya. (Diskominfo/ricky/yudi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!