Rabu, 23 Oktober 2019
Agama

RIBUAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SE-HSU IKUTI KHATAMAN AL-QUR’AN MASSAL

AMUNTAI – Sebanyak 1.515 siswa/siswi tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti khataman Al-Quran massal di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Kamis(20/7).

Kegiatan berlangsung meriah, karena sebelumnya dilaksanakan pawai ta’aruf di seputaran Kota Amuntai. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan khataman Al-Quran di ruang induk Masjid Raya At-Taqwa Amuntai. Para peserta tampak khusuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

“Khataman Al-Qur’an massal tingkat Madrasah Ibtidaiyah sekabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2019 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada siswa/siswi dan mengingatkan kepada mereka untuk selalu membaca Al-Quran dengan baik dan benar,” ujar Ketua Panitia Masdian Noor.

Di samping itu, pihaknya juga ingin memberikan motivasi khususnya kepada siswa untuk selalu mengamalkan Al Qur’an, untuk mewujudkan cita-cita luhur, sejalan dengan tema kali ini yaitu “Dengan Khataman Al Qur’an Kita Tingkatkan Minat Baca Al-Qur’an untuk melahirkan generasi yang Qur’ani”.

“Harapan kami, peserta memiliki motivasi yang kuat untuk kembali membaca Al-Qur’an secara rutin dan memahami isi kandungannya dan bahkan dapat mengembangkan serta mengajarkan kepada orang lain, serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk melanjutkan tradisi khataman Al-Qur’an sebagai mana yang telah dilakukan oleh para pendahulunya, sekaligus bersilaturahmi dengan sesama peserta dari madrasah yang berbeda,” tambah Masdian.

Mewakili Bupati HSU, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Ilman Hadi, atas nama Pemerintah Kabupaten HSU sangat mengapresiasi terlaksananya khataman Al-Qur’an tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten HSU tahun ajaran 2018/2019.

“Dengan semakin banyaknya orang yang khatam Al-Qur’an maka pertanda Kabupaten HSU bertabur cahaya Al-Qur’an. Anak-anak yang mampu membaca Al-Qur’an adalah generasi terbaik yang membanggakan orang tua dan yang membanggakan Rasulullah SAW,” ujarnya.

Setelah khataman Al-Qur’an ini, diharapkan para siswa/siswi tidak berhenti membaca Al-Qur’an, serta menghayati dan mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang sangat mulia, apabila kita kerjakan maka kita akan mendapatkan kebaikan, keberkahan, rahmat dan pahala dari Allah SWT. Dengan membaca dan memahami Al-Qur’an maka kita akan mendapatkan hidayah yang dapat menuntun kita menjadi anak-anak yang memiliki aqidah dan keimanan yang benar dan lurus serta jauh dari kesesatan dan kehinaan,” pesannya.

Selain dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSU, Ketua MUI HSU, dan perwakilan Polres HSU. (Diskominfo/Alpian/Aspani)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!