Selasa, 19 Juni 2018
Kesehatan

RSUD PEMBALAH BATUNG AMUNTAI BAKAL BUKA LAYANAN HEMODIALISA

Amuntai – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam waktu dekat akan membuka layanan khusus kesehatan bagi masyarakat berupa layanan cuci darah (hemodialisa).

Hal ini disampaikan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si usai melakukan presentasi tentang rencana dan kesiapan RSUD Pambalah Batung Amuntai membuka layanan bagi pasien gagal ginjal yang memerlukan cuci darah, di depan Ketua Pernefri Prof. dr. Pranawa di RS dr. Soetomo Surabaya baru-baru ini.

“Kalau tidak ada halangan, mungkin di bulan Juni tahun 2018 ini di RSUD Pambalah Batung Amuntai sudah ada layanan cuci darah (hemodialisa)” kata Wahid.

Wahid menambahkan, rencana dan persiapan untuk membuka layanan cuci darah selama ini sudah dilakukan, tinggal menunggu rekomendasi dari Pernefri. Karenanya, Wahid bersama Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai dr. H. Agus Fidliansyah beserta dr. Debby dan beberapa staf melakukan pemaparan tantang rencana dan kesiapan layanan ini.

Wahid berharap dengan adanya layanan hemodialisa ini nantinya dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien yang memerlukan layanan cuci darah, karena tidak perlu lagi harus ke Kandangan atau ke Banjarmasin.

“Hal ini tentunya dapat meringankan pasien dan keluarga pasien”, jelas Wahid.

Senada dengan itu, Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai dr. Agus menjelaskan, dirinya telah melakukan beberapa langkah terkait dengan realisasi layanan hemodialisa di RSUD Pambalah Batung Amuntai.

Langkah tersebut yaitu menyiapkan ruangan layanan cuci darah, menyekolahkan dokter yang akan menangani dan bertanggungjawab terhadap layanan ini, dan dalam waktu dekat akan mengirimkan 2 orang perawat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan. Selain itu juga dipersiapkan berbagai sarana dan fasilitas terkait dengan rencana ini.

dr. Agus optimis rencana layanan ini akan terwujud dalam waktu dekat, karena mendapatkan dukungan penuh dari Bupati HSU dan juga dari Pernefri. Usai melakukan presentasi pihaknya juga akan menyiapkan berbagai hal yang direkomendasikan dan disarankan oleh Pernefri sebelum dilakukan kunjungan/survei oleh Pernefri sebelum dikeluarkannya rekomendasi. (Diskominfo/tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!