Kamis, 20 Juni 2019
Seni

SANGGAR AIR PUKAU PENIKMAT SENI DAN BUDAYA KALSEL

Banjarmasin – Sanggar Air yang menampilkan berbagai kreasi seni dan budaya yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan tajuk ‘Sanggar Air Bakarya’ berhasil memukau para penikmat seni yang menyaksikan Pergelaran Seni dan Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) di Balairung Sari Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin, Rabu Malam (27/2).

Dalam pergelaran tersebut ditampilkan tari kreasi rempak shalawat, musik etnik hasil ciptaan Sanggar Air dan seniman Kalsel, di antaranya Selamat Datang di Hulu Sungai Utara, HSU Mantap, Pamali, dan Lagu Kota Amuntai dengan kreasi baru bersama Ilhami Rusdy, serta penampilan puisi dan Tari Itik dari Sanggar Anak Air Ananda.

Penampilan Sanggar Air kali ini mendapat apresiasi yang hangat dari penonton, terlebih penampilan polos dan kocaknya Sanggar Air Anak Ananda. Mereka berhasil menampilkan tarian dan puisi sesuai dengan yang diajarkan kepada mereka.

Kemeriahan juga terlihat saat pembagian doorprize yang dipandu oleh penyanyi dan salah seorang anggota Sanggar Anak Air Ananda, dengan menanyakan berbagai pertanyaan sesuai dengan kemampuan berpikir anak-anak.

Pergelaran ini ditutup dengan suguhan seni teater yang bersandar pada seni teater tradisi Mamanda dan Wayang Banjar dengan judul Gugur Kasih di Luhuk Badangsanak yang pernah menjadi Penyaji Terbaik I Nasional pada Festival Lomba Seni Siwa Nasional Tahun 2018 tingkat SMK di Banda Aceh.

Sanggar Air Bakarya ini merupakan undangan pergelaran oleh UPTD Taman Budaya Kalsel yang menjadi awal dari 14 pergelaran dari berbagai komunitas seni dan budaya di Kalsel, seperti yang disampaikan Kepala UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan Suharyanti.

“Penampilan ini merupakan awal dari berbagai pergelaran yang direncanakan oleh Taman Budaya, yaitu sebanyak 14 pergelaran bagi komunitas seniman di Kalsel. Semoga dengan kegiatan ini rekan-rekan seniman yang ada di Kalsel semakin bersemangat berkreasi menciptakan serta melestarikan berbagai seni dan budaya di banua kita,” ujarnya. (Diskominfo/oellah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!